cek ER instagram, KOL
Published 18 March 2024 by Informatikamu Editorial

Cara Cek Engagement Rate Instagram Gratis Untuk KOL Dan Influencer

Selamat datang, KOL dan Influencer yang luar biasa! Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara cek ER Instagram atau Engagement Rate secara gratis? Jika ya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini berfokus sepenuhnya pada topik tersebut dan akan membantu Anda memahami setiap detail terkait dengan cek ER Instagram, khususnya bagi KOL dan Influencer. 

"Engagement Rate adalah persentase orang yang berinteraksi dengan konten Anda dibandingkan dengan jumlah pengikut Anda. Ini adalah indikator penting performa konten Anda dan bisa menjadi perbedaan antara menjadi influencer yang sukses atau tidak."

Langsung saja, mari kita jelajahi bagaimana memaksimalkan potensi Instagram Anda dengan memahami dan menerapkan cara cek Engagement Rate Instagram secara efektif dan efisien. Semoga bermanfaat!

Pengertian Engagement Rate dan Kenapa Penting bagi KOL dan Influencer

Engagement Rate (ER) pada Instagram istilah yang biasa digunakan oleh KOL dan influencer untuk mengukur sejauh mana konten mereka dapat berinteraksi dengan audiens mereka. Untuk memahami ER ini secara lebih baik, bayangkanlah jika anda adalah penjual dan ER adalah cara anda memeriksa seberapa baik produk anda diterima oleh pelanggan.

Anda tentu ingin mengetahui apakah pelanggan anda suka produk anda, apakah mereka berinteraksi dengan produk anda, atau bahkan apakah mereka merekomendasikannya kepada orang lain.

Itulah yang dilakukan ER. ER ditemukan dengan membagi total interaksi yang diterima suatu post (seperti likes, shares, dan comments) dengan jumlah pengikut yang dimiliki akun tersebut, lalu dikalikan 100. Ini adalah rumus paling umum dalam menghitung ER dan dapat memberikan gambaran umum tentang seberapa efektif suatu konten dalam menarik perhatian dan interaksi dari audiens.

Sebagai KOL atau influencer, mengerti dan selalu memeriksa ER Instagram anda sangat penting. Hal ini karena ER adalah prediktor seberapa baik kampanye anda akan berkerja.

Mengapa KOL dan Influencer Harus Cek ER Instagram

Sebagai KOL dan influencer, pernahkah Anda bertanya-tanya seberapa jauh dampak postingan Anda di Instagram? Atau bagaimana cara menilai sejauh mana pesan Anda telah menjangkau dan menggugah audiens Anda? Nah, jawabannya terletak pada metrik yang disebut Engagement Rate atau ER. Pengukuran ini sangat penting karena menjadi indikator kinerja konten Anda dan menjadi penentu suksesnya kampanye influencer Anda. 

Engagement Rate menunjukkan seberapa aktif pengikut Anda dalam berinteraksi dengan konten yang Anda bagikan. Ini mencakup likes, komentar, dan dibagikan ke stories atau area lain dari Instagram. Dengan cek ER Instagram, Anda dapat melihat sejauh mana konten Anda menarik audiens dan mendorong mereka untuk berinteraksi, menjadi sebuah informasi yang berharga bagi pemilik brand. 

Mengetahui ER juga dapat membantu Anda memahami apa yang disukai audiens dan apa yang tidak. Data ini dapat digunakan untuk memperbaiki strategi konten dan menciptakan lebih banyak postingan yang menarik dan relevan bagi pengikut Anda. 

Bagi KOL dan influencer, cek ER Instagram berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan kredibilitas dan nilai mereka kepada brand atau perusahaan yang mungkin ingin berkolaborasi. Tingkat ER yang tinggi menunjukkan bahwa Anda memiliki hubungan yang kuat dengan audiens dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk kampanye marketing.

Selain itu, dengan pemahaman yang baik tentang ER, influencer dapat melakukan penyesuaian dan perbaikan strategi konten untuk menjangkau lebih banyak audiens dan menciptakan interaksi yang lebih tinggi. Analytics dan alat marketing influencer seperti Meltwater Influencer Marketing dapat digunakan untuk membantu proses ini. 

Mengukur ER tidak hanya tentang mengetahui angka-angka tapi juga tentang mensyukuri dan memahami apa yang berk resonansi dengan audiens Anda. Dengan demikian, sebagai KOL dan influencer, sangat penting untuk cek ER Instagram secara rutin.

Langkah-Langkah Mudah Cek Engagement Rate Instagram Gratis

Memeriksa engagement rate Instagram Anda sebagai KOL atau influencer dapat mendorong peningkatan kualitas konten dan interaksi dengan pengikut. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk cek ER Instagram secara gratis: 

  1. Menghitung Total Engagements: Pertama, hitung total interaksi atau 'engagements' Anda. Ini berupa jumlah likes, shares, dan komentar yang Anda dapat pada suatu postingan.
  2. Menghitung Total Pengikut: Jumlah total pengikut atau 'followers' Anda juga perlu dihitung. Ini merupakan jumlah orang yang mengikuti profil Instagram Anda
  3. Menggunakan Rumus Engagement Rate: Sekarang, Anda dapat mulai menghitung Engagement Rate. Gunakan rumus ER: (Total engagements / Total followers) x 100 untuk mendapatkan persentase ER Anda.

Tapi tunggu, ada cara yang lebih mudah! Banyak layanan online yang menawarkan kemampuan untuk cek ER Instagram secara gratis. Salah satunya adalah AgencyAnalytics yang menawarkan penggunaan gratis selama masa percobaan 14 hari. Layanan ini dapat membantu Anda melacak dan memonitor metrik pemasaran influencer dengan mudah. 

Langkah-langkah ini akan membantu KOL dan influencer untuk tidak hanya memeriksa ER mereka tetapi juga hasil dari kampanye pemasaran influencer mereka. Selalu harus diingat bahwa mengukur ROI kampanye Anda juga penting. Menjaga tingkat ER yang sehat akan membantu Anda untuk lebih mengerti tentang bagaimana konten Anda berinteraksi dengan pengikut Anda dan berapa banyak orang yang sebenarnya terlibat.