review iphone, iphone 14
Published 30 October 2023 by Informatikamu Editorial

Ulasan Lengkap Mengenai 7 Fitur Baru di iPhone 14

Selamat datang di dunia iPhone 14, dimana inovasi menerima arti baru dan teknologi tinggi membuka pintu pengalaman baru. Mari kita selami lebih dalam dan cari tahu apa yang bisa menjadi penantian Anda dari perangkat terbaru ini. 

iPhone 14 bukanlah sekedar smartphone lainnya. Ini adalah perangkat yang dirancang untuk mengubah cara Anda melihat dunia dan berinteraksi dengan fitur-fitur digital. Dengan perangkat keras yang ditingkatkan dan pembaruan perangkat lunak yang inovatif, berikut adalah gambaran tentang apa yang ditawarkan oleh iPhone 14.

Ingat, ini hanya permulaan - iPhone 14 membawa lebih banyak daripada yang dapat diceritakan dalam beberapa poin. Mari kita buka tiap detailnya, hingga inti iPhone 14 ini.

Desain yang Lebih Elegan

Pada kesempatan ini, mari kita bahas lebih dalam tentang desain pada iPhone 14 yang mewakili sebuah pendekatan baru dalam desain iPhone. Dibandingkan dengan model-model sebelumnya, iPhone 14 menampilkan estetika baru yang elegan sekaligus fungsional. 

Struktur umum dari iPhone 14 didesain lebih halus dan lebih tipis, ditampilkan dengan tepian yang lebih bulat. Sepanjang sisi bodinya, Anda bisa menemukan tombol yang diratakan dengan tepian untuk menambahkan kesan minimalis. Ini menunjukkan betapa detail Apple dalam merancang setiap aspek desain. 

Material Selektif untuk Ketahanan Lebih 

Sejauh ini, iPhone 14 tersedia dalam empat pilihan bahan: aluminium, stainless steel, titanium, dan seramik. Pilihan material ini sejalan dengan komitmen Apple untuk menyediakan produk yang tahan lama dan bisa menyesuaikan dengan gaya hidup setiap pengguna iPhone. 

  • Aluminium: Sangat ringan dan tahan terhadap korosi. Ideal bagi pengguna yang menginginkan sesuatu yang ramping namun kuat.
  • Stainless Steel: Menawarkan balans yang baik antara berat dan kekuatan. Bahan ini tahan gores dan sangat premium.
  • Titanium: 45% lebih ringan daripada baja tetapi dengan kekuatan yang sama. Ini menawarkan kekuatan super dengan bobot yang sangat ringan.
  • Seramik: Empat kali lebih kuat daripada stainless steel, sangat tahan terhadap goresan dan kerusakan. Memberikan peningkatan yang signifikan dalam hal daya tahan secara keseluruhan.

 

Keempat pilihan bahan ini mengombinasikan antara elegan, kekuatan dan gaya, memungkinkan Anda untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. 

Kaca Keras Terkuat di Dunia 

Melanjutkan poin desain, salah satu hal yang membuat iPhone 14 sangat istimewa adalah penggunaan Ceramic Shield, di mana Apple mengklaim sebagai "kaca paling kuat yang pernah ada dalam smartphone". Bagian depan iPhone 14 ini dijamin bisa memberikan perlindungan extra dari goresan dan benturan. 

Jadi, dengan menggenggam iPhone 14 di tangan, Anda tidak hanya mendapatkan perangkat dengan desain menawan, tetapi Anda juga mendapatkan perangkat tangguh yang siap menemani setiap momen hidup Anda.

Layar Super Retina XDR Lebih Canggih

iPhone 14 hadir dengan layar Super Retina XDR yang lebih baik. Layar ini memberikan tampilan visual yang sangat mendetail dan warna yang sangat akurat, membuat setiap gambar dan video yang Anda lihat selalu tampak hidup dan cantik. Fitur ini membuat iPhone 14 menjadi pilihan yang sempurna bagi Anda yang mencintai fotografi, videografi, atau sekadar menikmati hiburan visual berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, layar Super Retina XDR ini juga sangat memanjakan mata. Teknologi ini memungkinkan layar untuk menampilkan hitam yang lebih dalam dan putih yang lebih cerah. Dengan demikian, layar ini mampu memberikan gambar dengan kontras tinggi, sehingga melindungi mata Anda dari kelelahan saat menatap layar dalam jangka waktu yang lama. 

Kemampuan HDR Luar Biasa

Layar Super Retina XDR juga mendukung HDR10 dan Dolby Vision, dua format video HDR paling populer saat ini. Dengan fitur ini, Anda dapat menikmati berbagai film dan serial TV dalam kualitas HDR yang luar biasa, dengan detail yang jauh lebih baik dibandingkan video standar.

Senada dengan itu, iPhone 14 juga dilengkapi dengan kemampuan playback video hingga 60 frame per detik. Hal ini membuat berbagai konten visual, mulai dari film, video game, hingga video musik, terlihat lebih halus dan realistis. 

Fitur Night Mode yang Diperbarui 

Selain itu, iPhone 14 juga menampilkan fitur Night Mode yang diperbarui pada layar Super Retina XDR-nya. Fitur ini memungkinkan layar untuk menyesuaikan tingkat kecerahan secara otomatis ketika berada dalam kondisi pencahayaan redup, sehingga memberi kelegaan pada mata Anda dan mempertahankan kualitas tampilan yang optimal di malam hari. 

 Secara keseluruhan, layar Super Retina XDR yang lebih canggih pada iPhone 14 berarti pengalaman visual yang lebih memuaskan, baik saat mengambil foto, menonton video, browsing, maupun saat bermain video game.

Performa yang Lebih Cepat dengan Chip A14 Bionic

iPhone 14 baru Anda datang dengan inovasi teknologi yang luar biasa, Chip A14 Bionic, yang dirancang untuk menawarkan performa yang tak tertandingi. Chip ini tidak hanya membuat ponsel Anda berfungsi lebih cepat, tetapi juga membuatnya lebih hemat daya. Ini berarti Anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan sepanjang hari tanpa harus khawatir tentang daya baterai Anda. 

Chip A14 Bionic terdiri dari enam core - empat core efisiensi dan dua core performa. Itu render grafik 50% lebih cepat daripada chip generasi sebelumnya. Dengan demikian, game dan aplikasi yang memakan banyak daya bekerja tanpa adanya lag. Anda akan merasakan perbedaannya terutama saat menjalankan aplikasi augmented reality (AR) atau mainkan game dengan grafis tinggi. 

Belajar Sendiri dengan Teknologi Neural Engine 

Selain itu, chip A14 Bionic dilengkapi dengan teknologi Neural Engine. Ini merupakan bagian dari sistem Bionic yang didedikasikan untuk learning otomatis (AI). Jadi, apa sajakah manfaat dari teknologi ini? 

  • Performa AI yang lebih cepat: Neural Engine dapat melakukan 16 triliun operasi per detik. ini berarti iPhone Anda akan belajar dan beradaptasi dengan cara Anda menggunakan ponsel Anda dengan lebih cepat dan cerdas.
  • Pemrosesan gambar yang ditingkatkan: dengan otak AI ini, peningkatan pengolahan gambar akan meningkat secara signifikan untuk foto dan video Anda. Warna akan lebih hidup, dan detail akan lebih jelas.
  • Pengalaman AR yang lebih mulus: Augmented reality (AR) akan bekerja lebih cepat dan lebih lancar, terima kasih kepada Neural Engine. Pengalaman AR Anda akan lebih realistis dan interaktif.

Lihatlah cara fantastis chip A14 Bionic dapat meningkatkan pengalaman smartphone Anda! Ponsel pintar itu bukan lagi sekedar alat, tetapi menjadi partner yang membantu mempercepat tugas sehari-hari dan memberikan pengalaman multimedia yang luar biasa.

Fitur Kamera yang Lebih Unggul

Kamera pada iPhone 14 dibangun dengan banyak peningkatan signifikan yang membuatnya unggul di antara ponsel lainnya. Kamera ini dirancang untuk menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang lebih tinggi, lebih detail dan tajam, serta memberikan hasil yang memukau dalam berbagai kondisi pencahayaan. 

Pada iPhone 14, Anda akan menemukan sistem kamera ganda di belakang yang mencakup kamera sudut lebar dan ultra lebar. Kamera sudut lebar menawarkan apertur f/1.6 yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, sehingga menghasilkan foto dengan pencahayaan yang lebih baik dan detail yang lebih tajam. Kamera ultra lebar, sementara itu, menawarkan bidang pandang 120 derajat yang lebih luas, memungkinkan Anda mengambil foto lanskap dan adegan lainnya dengan sudut pandang yang lebih luas. 

Photographic Styles dan Mode Malam 

Jika Anda suka berkreasi dengan fotografi, fitur baru yang disebut Photographic Styles akan sangat bermanfaat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa foto Anda secara otomatis saat Anda menekan tombol rana, bukan setelah Anda mengambil foto. Ini mencakup sejumlah preset yang berbeda yang dirancang untuk berbagai gaya fotografi seperti vibrant, rich contrast, warm dan cool. 

Anda juga akan menikmati Mode Malam yang diperbarui di iPhone 14. Mode Malam sekarang bekerja di semua kamera, termasuk kamera depan, dan dirancang untuk menghasilkan foto yang lebih terang dan lebih jernih dalam kondisi cahaya redup atau gelap. Ini dilengkapi dengan penyesuaian otomatis yang membuat foto Anda tampak alami dan jelas, bahkan di malam hari. 

Cinematic Mode dan ProRAW 

Bagi Anda pecinta video, iPhone 14 hadir dengan Cinematic Mode, suatu fitur yang memberikan Anda kontrol lebih dalam membuat video yang tampak profesional. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah fokus secara otomatis saat merekam, memberikan efek "depth-of-field" atau bokeh yang dapat disesuaikan, seolah-olah Anda menggunakan kamera profesional. 

Untuk pengguna pro, iPhone 14 juga mendukung ProRAW, sebuah format foto yang mempertahankan detail dan kualitas gambar asli saat mengedit. Ini memberikan Anda fleksibilitas lebih besar dalam proses editing dan memungkinkan Anda menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang dramatis dan penuh detail. 

Dengan semua peningkatan dan fitur baru ini, kamera pada iPhone 14 memberikan Anda alat yang Anda butuhkan untuk memotret dan merekam momen penting dalam hidup Anda dengan cara yang spektakuler dan mengesankan.

Meningkatkan Keamanan dengan Face ID

Salah satu fitur paling revolusioner yang diperkenalkan dalam iPhone 14 adalah teknologi Face ID yang ditingkatkan. Keamanan pribadi Anda menjadi prioritas Apple, dan dengan fitur baru ini, perangkat Anda sekarang lebih aman dari sebelumnya. 

Ketikan kata sandi untuk membuka kunci menjadi hal usang dengan kehadiran Face ID. Dengan cara kerja yang optimal di berbagai kondisi pencahayaan, fitur canggih ini memungkinkan Anda membuka kunci perangkat hanya dengan melihatnya. Ini bukan hanya mempermudah akses ke smartphone Anda, tetapi juga melindungi informasi Anda dari akses yang tidak sah. 

Bagaimana ini bekerja? 

Teknologi ini menggunakan kamera TrueDepth yang canggih untuk memetakan secara akurat struktur wajah Anda dengan menggunakan lebih dari 30.000 titik yang tak terlihat. Sensor ini menggabungkan data ini dengan algoritme pembelajaran mesin yang canggih untuk membuat model matematis 3D dari wajah Anda. Setiap kali Anda mencoba membuka kunci perangkat, sistem ini membandingkan scan baru dengan model yang disimpan untuk memastikan identitas Anda. 

Tidak hanya itu, Face ID juga direkayasa dengan kecanggihan yang memungkinkan perangkat iPhone 14 Anda mengenali perubahan penampilan minor. Jadi, jika Anda pernah mengubah gaya rambut Anda atau memutuskan untuk tumbuh jenggot, iPhone Anda akan tetap mengenali Anda. 

Fitur Keamanan Tambahan 

Fitur ini juga menonjol dalam hal transaksi keuangan dan keamanan data. Ketika melakukan transaksi melalui Apple Pay, sistem ini membutuhkan konfirmasi identitas dengan Face ID sebagai layer keamanan tambahan. Demikian pula, untuk aplikasi yang berisi informasi pribadi atau pekerjaan penting, Face ID dapat digunakan sebagai penghalang pertama terhadap akses yang tidak sah. 

Sangat penting untuk dicatat bahwa semua data Face ID disimpan lokal di perangkat Anda dan tidak pernah meninggalkan perangkat atau dibackup ke iCloud, memberikan lapisan privasi ekstra.

Memperluas Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan yang besar merupakan aspek penting dari smartphone modern, dan iPhone 14 membawanya ke level selanjutnya. Apple telah melihat pentingnya menyediakan ruang yang cukup untuk aplikasi, foto, video, dan file lainnya, dan karena itu, mereka telah mengenalkan model dengan kapasitas penyimpanan yang luar biasa besar. 

iPhone 14 kini tersedia dalam konfigurasi penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB, serta pilihan baru 1TB. Memang, ini adalah kali pertama Apple menawarkan kapasitas setinggi ini pada iPhone. Pilihan 1TB ini sangat ideal untuk mereka yang sering mengambil foto dan video beresolusi tinggi atau mengunduh banyak aplikasi dan game. 

Pilihan penyimpanan yang lebih besar ini, tentu saja, meningkatkan fleksibilitas dan kemungkinan penyimpanan data. Tidak perlu lagi khawatir kehabisan ruang atau harus memilih file mana yang harus dihapus. Juga, dengan ruang sebesar ini, iPhone 14 menjadi perangkat yang sempurna untuk profesional kreatif yang perlu membawa karya mereka kemanapun mereka pergi. 

Akan tetapi, sangat penting diingat bahwa memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar akan memiliki dampak pada harga. Oleh karena itu, pengguna harus menyeimbangkan kebutuhan penyimpanan mereka dengan anggaran yang mereka miliki.

Baterai yang Lebih Awet

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu dalam iPhone 14 tentunya adalah daya tahan baterai yang semakin lama. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan semua fitur unggulan yang telah disebutkan tanpa perlu khawatir kehabisan daya baterai dalam waktu singkat. 

Berbeda dari generasi sebelumnya, iPhone 14 dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih besar yang dioptimalkan untuk mendukung performanya yang sangat kuat. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan mengandalkan ponsel ini untuk berbagai keperluan sehari-hari. 

Teknologi pengisian daya baterai yang canggih juga disematkan pada iPhone 14. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya, berkat teknologi pengisian cepat. Selain itu, iPhone 14 juga mendukung pengisian nirkabel untuk memudahkan Anda dalam berbagai kondisi. 

  • Teknologi pengisian cepat memungkinkan iPhone 14 untuk terisi penuh dalam waktu singkat, sehingga Anda dapat segera memanfaatkan ponsel Anda lagi.
  • Pengisian nirkabel mendukung mobilitas Anda, memungkinkan pengisian daya di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki perangkat pengisi daya nirkabel.

Performa baterai ini juga didukung oleh sistem operasi iOS yang dioptimalkan pada iPhone 14. iOS adalah sistem operasi yang dikenal efisien dalam pengelolaan daya, sehingga mampu membuat baterai iPhone 14 lebih awet dibandingkan ponsel lainnya. 

Alhasil, dengan iPhone 14, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah-tengah kegiatan penting. Anda dapat memanfaatkan semua fitur dan aplikasi favorit sepanjang hari tanpa cemas tentang ketersediaan daya baterai. Itulah sebabnya iPhone 14 bisa menjadi pilihan terbaik untuk gaya hidup Anda yang dinamis dan produktif.