Trend sosial media terpanas sejauh ini adalah jejaring sosial berbasis audio dan streaming langsung.
Video streaming langsung (32%) adalah tren tertinggi kedua yang diinvestasikan pemasar media sosial tahun ini, di belakang konten video berdurasi pendek. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa streaming berkinerja lebih baik dari yang diharapkan untuk 52% pemasar media sosial yang disurvei.
Menyaksikan pertumbuhan saluran sosial muda yang menjanjikan akan membantu Kamu menentukan mana yang layak untuk bergabung dan mana yang tidak sepadan dengan waktu Kamu.
Dan, jika Kamu akhirnya bergabung dengan saluran sosial baru yang populer sejak awal, Kamu mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk memahami konten promosi apa yang berfungsi di sana.
Ini akan menempatkan Kamu di depan pesaing yang meluncurkan akun mereka nanti dan mungkin kesulitan untuk menghasilkan ide posting yang kreatif.
Untuk membantu Kamu tetap menjadi yang terdepan di media sosial, kami telah menyusun daftar delapan platform sosial muda yang mungkin ingin Kamu masukkan ke radar Kamu tahun ini.
Semua platform ini telah memperoleh basis pengguna yang besar, minat dari investor, atau buzz berita dalam beberapa bulan terakhir.
Untuk setiap platform, kami akan memandu Kamu melalui cara kerjanya, basis penggunanya, mengapa hal itu mungkin menjanjikan bagi pemasar di kemudian hari, dan bagaimana Kamu harus mendekatinya hari ini.
Platform Media Sosial Baru yang Harus Kamu Tau di 2022
1. Twitch
Tahun Diluncurkan: 2011
Jumlah Pengguna: 140 juta pengguna aktif bulanan
Twitch adalah platform streaming langsung yang memungkinkan pembuat konten berinteraksi dengan audiens mereka secara real-time. Pengemudi lalu lintas terkemukanya berasal dari penggemar video game.
Pemain dapat merekam diri mereka sendiri bermain game populer seperti Fortnite dan Minecraft saat penonton menonton dan terlibat. Beberapa pembuat juga menawarkan konten eksklusif kepada mereka yang memilih paket berlangganan berbayar.
Selain konten game, Kamu akan menemukan video dan streaming langsung yang berkaitan dengan memasak, musik, dan apa saja di jejaring sosial ini. Twitch juga menawarkan pertunjukan langsung interaktif, mulai dari acara esports hingga festival hingga 30 juta pengunjung harian rata-rata.
2. Discord
Tahun Diluncurkan: 2015
Jumlah Pengguna: Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan
Apa yang dulunya merupakan platform game kini telah berkembang menjadi aplikasi obrolan yang luas.
Begini cara kerjanya: Platform beroperasi di server, yang merupakan grup komunitas yang memungkinkan obrolan video, audio, dan teks. Setiap pengguna dapat membangun server mereka sendiri atau bergabung dengan yang dibuat oleh anggota lain.
Saat pertama kali diluncurkan, Discord populer di kalangan gamer yang menginginkan platform untuk streaming game dan terhubung dengan komunitas game yang lebih luas. Setelah mengumpulkan $ 100 juta dalam pendanaan pada tahun 2020, Discord mengumumkan rencana untuk berkembang di luar komunitas ini.
Dalam sebuah posting blog, salah satu pendiri dan CEO Jason Citron berbagi bahwa penggunanya menginginkan perubahan ini.
3. Tiktok
Tahun Diluncurkan: 2017 (Didirikan pada 2016)
Jumlah Pengguna: 1 miliar pengguna aktif bulanan
Pada tahun 2018, aplikasi lip-syncing, Musical.ly bergabung dengan aplikasi serupa yang berusia satu tahun bernama TikTok. Hari ini, sekarang lebih populer di toko aplikasi daripada platform media sosial terkemuka lainnya dan diperkirakan akan mencapai 1,5 miliar pada tahun 2022.
Bagi yang ingat Vine atau Musical.ly, TikTok seperti campuran keduanya.
Platform ini memungkinkan Kamu merekam video pendek yang diputar berulang-ulang seperti Vine. Namun, seperti Musical.ly atau Snapchat, Kamu dapat menambahkan efek menyenangkan, filter AR, teks, dan lapisan musik untuk meningkatkan suasana. Seperti platform video serupa, ini terutama diadopsi oleh pengguna di bawah 30 tahun.