Tips Terhindar dari Penipuan pada Jasa Jual Beli Online di Instagram

2020-07-24 01:51:02 - Blog Tips Terhindar dari Penipuan pada Jasa Jual Beli Online di Instagram

Tidak jarang banyak orang yang jahat yang menggunakan kelengahan orang lain untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya. Salah satunya mereka yang berjualan di Aplikasi Instagram. Sebelum memutuskan membeli sesuatu di Instagram, hendaknya memperhatikan Tips Terhindar dari Penipuan pada Jasa Jual Beli Online di Instagram.

Di era globalisasi yang semakin canggih seperti sekarang ini banyak sekali orang-orang yang tertarik membeli berbagai kebutuhan mereka melalui Aplikasi online yaitu Instagram. Instagram merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang banyak di miliki di rata-rata pemegang telpon genggam.

Dalam aplikasi Instagram terdapat banyak fitur yang dapat di nikmati oleh penggunanya.  Sebut saja fitur insta story.

Dengan aplikasi tersebut kita bisa berbagi tentang aktivitas yang sedang kita lakukan, berbagi gambar atau video yang kita miliki juga berbagi mengenai informasi apa yang kita miliki dan orang lain perlu ketahui. Pada fitur insta story.

Fitur ini lah yang kebanyakan disukai oleh penikmat Instagram untuk mengisi waktu luang dengan berbagi beberapa informasi.

Tak Jarang insta story digunakan sebagai sarana untuk menawarkan produk kepada sesama pengguna Instagram. Banyak sekali para penjual dari mulai sepatu, pakaian, makanan, minuman, gadget dan masih banyak lagi yang menggunakan aplikasi Instagram untuk menawarkan produk mereka.

Dari banyak penjual yang menjual barang mereka di Instagram kadang membuat kita sulit menilai mana akun Instagram yang dapat di percayai dan mana yang tidak .

Berikut merupakan 7 Tips Terhindar dari Penipuan pada Jasa Jual Beli Online di Instagram

Ketahui Produknya

Banyak sekali jenis produk yang dapat dijual di Instagram. Dengan banyak jenis tersebut kadang membuat si calon pembeli kesulitan menentukan mana yang sebenarnya mereka inginkan karna butuh atau hanya karna tertarik dari tampilannya. Jangan sampai anda menjadi kategori konsumen yang tertipu pada kemasan produk yang ditawarkan. Biasanya para penipu menggunakan foto yang paling menarik yang mereka ambil dari akun-akun lain dan mereka pajang pada akun Instagram mereka.

Karna itu lebih baik teliti terhadap foto yang di pasang. Apakah itu foto asli produk mereka atau mereka mendapatkan itu dari akun orang lain yang selanjutnya mereka gunakan untuk menipu calon pembeli.

Harga Yang Ditawarkan

Memang tidak sedikit produk dengan harga murah yang bisa anda temui dari Instagram. Biasanya produk-produk tersebut itu buatan sendiri atau memang di peroleh dari kota-kota lain sehingga harganya bisa lebih murah. Jika harga murah di tawarkan pada produk yang jelas merk terkenal dan jenis yang sama tetapi harganya jauh lebih murah itu harus menjadi pertimbangan pembeli. Apakah barang tersebut original atau ada maksud jahat si penjual.

Harga produk yang di jajahkan di Instagram tentunya bersaing. Contoh mereka menjual baju tidur yang sama dengan gambar yang sama tapi harga berbeda. Itu bukan berarti yang jual dengan harga murah berarti penipu. Tidak demikian maksudnya. Bisa jadi memang mereka menjual lebih murah karna pada saat mereka membeli harganya pun lebih murah karna jumlah yang dibeli langsung dalam jumlah besar atau mereka mendapat produsen tangan pertama sehingga lebih murah.

Jumlah Follower

Selain produk dan harga selanjutnya yaitu jumlah follower. Walaupun banyak sekali jasa penambah followers yang instan di Instagram tidak berarti mereka yang mempunya follower banyak pasti melakukan hal itu. Beda nya akun yang digunakan untuk menipu biasanya banyak follower tetapi fiktif atau tidak aktif. Dapat dilihat dari banyak sedikitnya komen dan like yang ada pada postingan mereka.

Biasanya akun-akun penipu jarang memiliki postingan yang banyak di komentari calon pembeli mereka. Kadang mereka yang telah tertipu oleh akun-akun itu dan mereka meninggalkan komen pada akun Instagram yang telah menipu mereka maka komen mereka akan langsung dihapus sehingga di pastikan komen-komen pada postingannya sedikit.

Melihat Review

Tidak jarang para penjual online di Instagram memposting review dari para pembeli di akun instagramnya. Itu dapat anda jadikan referensi apakah akun itu dapat dipercaya atau tidak. Biasanya Akun Instagram yang jujur akan mendapat review yang bagus terhadap produknya bukan hanya bukti transfer yang di posting.

Review-review tersebut tidak hanya di berikan dalam bentuk chat pribadi ke akun whatsapp atau media chatting online yang di miliki si penjual, review itu juga biasanya mereka berikan pada laman komentar pada postingan produk yang mereka beli sehingga anda dapat melihat langsung apakah akun itu dapat dipercaya atau tidak.

Respon si penjual

Biasanya jika anda tertarik akan suatu produk yang bagus yang di jual di akun Instagram pastinya produk tersebut juga memiliki banyak peminatnya diluar sana. Dengan kata lain si penjual akan sibuk membalaskan satu per satu chat dari si calon pembeli. Dari beberapa pengalaman saja, untuk akun-akun penipu yang berkedok jual beli online dari Instagram biasanya mereka sangat fast respon. Hal itu membuat kita merasa senang dan lekas ingin melakukan pembayaran padahal jika kita lekas membayar setelah itu tidak akan ada respon cepat selanjutnya dari si penjual.

Ini menjadi yang paling harus dianalisa apakah kecepatan membalas si penjual masih batas wajar atau memang berniat menipu.

Tanyakan Detail barang yang diminati

Jika anda telah memperhatikan suatu barang yang dijual di Instagram coba lakukan pemeriksaan barang tersebut apakah benar sesuai keinginan. Tidak jarang apa yang di posting pada laman Instagram tetapi yang datang kepada si pembeli malah barang yang berbeda. Itu Membuat kecewa si pembeli tentunya.

Menghindari hal demikian terjadi pada kita sebaiknya jika bisa anda minta difotokan barang tersebut sebelum proses pengiriman sehingga anda mendapatkan gambar yang nyata sesuai apa yang nanti ada terima.

Jika si penjual tidak dapat memenuhi keinginan anda tersebut anda harus mengetahui alasannya. Jika anda merasa alasan yang diberikan penjual masuk akal maka tidak perlu anda paksakan hal tersebut. Ditakutkan si penjual malah akan menunda-nunda pengiriman barang anda

Pastikan rekening yang di tuju sesuai yang tercantum di Profil Instagram

Setalah anda melakukan negosiasi dan kesepakatan via chat personal kepada penjual maka penjual akan memberikan nomor rekening untuk anda melakukan pembayaran. Sebelum melakukan pembayaran usakan anda telah mengecek rekening tersebut akurat.

Hal itu dapat anda lakukan dengan mencocokan jika rekening penjual dicantumkan di profil Instagram atau anda dapat juga meminta bantuan teman anda seakan-akan mau membeli barang di toko tersebut juga. Apakah nomor rekening yang dicantumkan sama atau berbeda-beda.

Biasanya akun penipuan memiliki lebih dari satu nomor rekening. Sebaiknya anda berhati-hati.

Berikut merupakan 7 Tips yang dapat anda perhatikan sebelum memutuskan membeli barang online di Instagram. Jadilah pembeli yang cerdas dan teliti. Jangan sampai bermaksud baik membeli dengan mudah malah membuat kita menjadi korban penipuan. Semoga berguna.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: Tips Terhindar dari Penipuan pada Jasa Jual Beli Online di Instagram, penipuan instagram, penipuan di instagram

Artikel Terkait

Kami akan memberikan poin lebih dan tentunya gratis untuk kamu.

Share this and let them know

You have to know this before you ask.

2 days ago Auto Reels (views dan like) sudah support ya, bisa digunakan.

20 days ago Reset poin kembali menjadi 1 jam untuk semua fitur, jangan lupa klik iklan ya.

22 days ago Kembali periksa akun tumbal kamu sebelum login, pastikan authnya tidak aktif.