Backpacking ke luar negeri, Tips keuangan perjalanan
Published 23 August 2023 by Informatikamu Editorial

Tips Keuangan Penting untuk Backpacking ke Luar Negeri

Backpacking ke luar negeri adalah pengalaman yang mendebarkan dan memuaskan. Namun, di tengah kegembiraan persiapan dan eksplorasi, ada satu aspek penting yang tidak boleh diabaikan: keuangan. Biaya tersembunyi dapat dengan mudah mengganggu perjalanan impian Anda. Oleh karena itu, penting untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik sebelum memulai perjalanan backpacking ke luar negeri. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips penting untuk membantu Anda menghindari biaya tersembunyi dan mengelola keuangan dengan bijak selama perjalanan Anda.

Buat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran perjalanan yang komprehensif. Hitunglah semua biaya yang mungkin Anda hadapi, termasuk tiket pesawat, akomodasi, makanan, transportasi lokal, tiket masuk objek wisata, asuransi perjalanan, dan kebutuhan lainnya. Pastikan anggaran yang Anda buat realistis dengan mempertimbangkan harga yang mungkin berfluktuasi di tempat tujuan.

Cari Tahu Mata Uang dan Nilai Tukar

Sebelum berangkat, pelajari mata uang yang digunakan di negara yang akan Anda kunjungi, serta nilai tukar terkini. Ini akan membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang sebenarnya Anda miliki dalam mata uang lokal. Anda juga dapat mengunduh aplikasi konversi mata uang untuk membantu menghitung biaya dalam mata uang yang Anda pahami.

Gunakan Kartu Debit atau Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu debit atau kartu kredit dapat menjadi alat pembayaran yang sangat berguna selama perjalanan. Namun, pastikan untuk memahami biaya transaksi internasional yang mungkin dikenakan oleh bank Anda. Sebisa mungkin, carilah kartu yang menawarkan biaya transaksi internasional rendah atau bahkan tanpa biaya. Selain itu, pastikan untuk memberi tahu bank Anda tentang rencana perjalanan Anda untuk menghindari pemblokiran kartu yang tidak perlu.

Waspadai Biaya Tarik Tunai

Jika Anda perlu menarik tunai, hindari melakukannya melalui ATM di bandara atau tempat-tempat wisata utama. Biaya tarik tunai di tempat-tempat seperti itu biasanya lebih tinggi. Lebih baik cari ATM yang terletak di pusat kota atau daerah yang lebih lokal.

Pertimbangkan Menggunakan Kartu Pra-bayar Mata Uang Asing

Kartu pra-bayar mata uang asing adalah alternatif lain yang dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran. Anda dapat mengisi kartu ini dengan mata uang lokal sebelum berangkat, sehingga Anda memiliki kontrol lebih besar atas berapa banyak uang yang akan dihabiskan.

Pantau Pengeluaran Anda

Selama perjalanan, tetap pantau pengeluaran Anda. Ini dapat dilakukan dengan mencatat setiap transaksi atau menggunakan aplikasi keuangan yang membantu Anda melacak pengeluaran. Dengan memantau pengeluaran secara aktif, Anda dapat mengidentifikasi potensi pergeseran dari anggaran dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Hindari Roaming Seluler yang Mahal

Biaya roaming seluler internasional dapat sangat mahal. Pertimbangkan untuk membeli kartu SIM lokal atau menggunakan layanan Wi-Fi di akomodasi atau tempat umum untuk menjaga komunikasi tanpa harus menghadapi biaya yang tidak terduga.

Manfaatkan Aplikasi Pencari Diskon dan Promo Wisata

Sebelum berangkat, cari tahu apakah ada aplikasi pencari diskon atau promo wisata yang dapat membantu Anda mendapatkan penawaran terbaik untuk aktivitas dan makanan selama perjalanan.

Kesimpulan

Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda dapat menjelajahi dunia dengan percaya diri dan tanpa khawatir tentang biaya tersembunyi yang tidak diinginkan. Ingatlah bahwa mengelola keuangan selama backpacking merupakan bagian integral dari pengalaman perjalanan yang sukses. Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan dapat mengoptimalkan anggaran Anda dan menjadikan perjalanan Anda yang luar negeri tak terlupakan. Selamat menjelajahi dunia!

Untuk kamu yang ingin menambahkan followes Instagram dengan cepat, kamu bisa menggunakan layanan followers instagram gratis dari kami.