Sejarah Instagram Sejak Awal Berdiri Sampai Diakuisisi Facebook

Admin - 06 September 2019 Instagram sejarah instagram, awal berdiri instagram

Tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah Instagram, sejak awal berdiri hingga akhirnya menjadi platform favorit bagi semua kalangan.

Bayangkan, sekarang ketika bangun tidur, hal pertama yang sering dilakukan banyak orang adalah memeriksa notifikasi Instagram. Ini kebiasaan yang aneh, tetapi itulah kenyataannya.

Awal Berdirinya Instagram

Instagram diluncurkan pada 6 Oktober 2010, tahun di mana pengguna smartphone masih sangat sedikit. Pada saat itu, Apple baru saja meluncurkan IPhone 4 pada Juni 2010. Itu adalah smartphone pertama dengan kamera 5MP.

Sebelumnya, IPhone sebelumnya hanya memiliki sensor 3 atau 2MP dan kualitas lensa yang relatif buruk. Mungkin terlihat seperti sebuah kebetulan, tetapi peluncuran model iPhone baru berkualitas tinggi dan Instagram saling menguntungkan bagi kedua merek.

Ini adalah tonggak sejarah Instagram yang mungkin tidak akan dilupakan oleh para pengguna pertamanya. Kevin Systrom, warga AS dari kota kecil di Massachusetts dan Marc Krieger, seorang ekspatriat Brasil adalah pendiri Instagram.

Kevin dan Marc berkuliah di Stanford University, di Silicon Valley. Di Stanford, Kevin sempat magang di sebuah perusahaan bernama Odeo. Inilah perusahaan yang sekarang akhirnya menjadi Twitter. Setelah lulus kuliah, Kevin bekerja selama lebih dari dua tahun di Google.

Ia bekerja untuk produk-produk seperti Gmail dan kemudian bergabung dengan perusahaan Next stop. Namun tujuan Kevin adalah membuat startup sendiri, jadi dia keluar dari Next stop dan bermitra dengan Mark Krieger, mantan rekan Stanford nya.

Mereka berdua akhirnya mengerjakan proyek aplikasi. Pada saat itu, Foursquare adalah aplikasi sosial seluler yang cukup populer. Konsepnya adalah check-in di lokasi-lokasi populer.

Kevin dan Mark terkesan oleh konsep Foursquare dan mulai bekerja pada aplikasi mereka sendiri yang seperti Foursquare, bernama Burbn.

Mengembangkan Burbn

Burbn adalah bagian besar dalam sejarah Instagram. Meski tidak mampu menemukan pasarnya, tetapi ada fungsi yang sangat disukai pengguna, yaitu mengambil foto dan mempostingnya. Pada saat itu, ini merupakan fitur yang cukup baru untuk aplikasi seluler.

Ketika keduanya menyadari bahwa Burbn tidak akan pernah menjadi hit, mereka memutuskan untuk mengembangkan sesuatu yang sama sekali baru. Kali ini, mereka fokus tentang fitur mengunggah foto.

Aplikasi ini menjadi sesuatu yang berfungsi seperti jejaring sosial, memiliki beberapa kesamaan dengan Twitter. Kevin, yang sempat bekerja di Twitter, memang mengadopsi beberapa fitur Twitter, salah satunya adalah penggunaan Hashtag.

Ide bagus lainnya adalah menambahkan filter untuk foto. Pasalnya, Kevin adalah seorang fotografer dan di Stanford ia sempat menghadiri kursus fotografi selama tiga bulan di Florence, Italia. Suatu hari pacarnya menunjukkan kepadanya Hipstamatic, aplikasi filter foto seluler masih tersedia saat ini, dan yang filternya terinspirasi oleh Kamera Lomo.

Kevin segera memahami bahwa filter adalah fungsi strategis untuk ditambahkan ke Instagram. Jadi keduanya bekerja sangat keras selama beberapa bulan pada aplikasi hybrid yang terdiri dari jejaring sosial seluler, fitur berbagi foto dan filter foto.

Setelah versi beta tersedia, Kevin dan Mark, mengirimkannya ke beberapa teman dan feedback yang mereka terima cukup positif.

Membangun Komunitas

Instagram mencapai satu juta pengguna hanya dua bulan setelah peluncurannya, dan sepuluh juta setelah satu tahun. Ini adalah tingkat pertumbuhan tercepat yang pernah ada untuk jejaring sosial.

Bagaimana itu bisa terjadi? Selain karena dukungan lingkungan, Instagram juga merupakan perpaduan yang cerdas antara fitur-fitur baru yang menarik. Beruntung karena Instagram dirilis hampir secara bersamaan dengan iPhone 4.

Unsur utama lain dari keberhasilan IG berasal dari fakta bahwa para pendiri memahami sejak awal pentingnya membangun sebuah komunitas. Bahkan karyawan Instagram pertama bukanlah seorang programmer, melainkan seorang manajer komunitas. Itulah awal tercetusnya "Instameets", pertemuan pengguna Instagram di dunia nyata.

Instameet Worldwide pertama diadakan pada Maret 2011 di Los Angeles dan dikelola langsung oleh tim Instagram.

Menjadi Aplikasi Android

Pada Desember 2012 Apple memberi penghargaan "app of the year". Instagram adalah salah satu keberhasilan terbesar di App Store. Tetapi mereka menyadari bahwa jika ingin menciptakan komunitas yang lebih besar, perlu untuk masuk ke ranah Android.

Ketika Instagram diluncurkan pada 2010, OS Android masih dalam masa pertumbuhan. Smartphone berbasis Android pun tidak cocok untuk aplikasi Apple. Oleh karenanya, Instagram V.1.0 hanya tersedia di App store dan itu tetap menjadi aplikasi mobile Apple eksklusif selama lebih dari satu tahun.

Versi Android baru tersedia di Google Play Store mulai April 2012. Itu adalah aplikasi Google Play yang memiliki desain koheren dan cocok dengan versi iPhone. Hanya dalam beberapa bulan, versi Android telah diunduh dua kali lipat dari basis pengguna Instagram awalnya.

Banyak yang kecewa karena menganggap Instagram menjadi seperti jejaring sosial pada umumnya dan tidak lagi fokus pada fotografi. Hal itu juga diikuti dengan perubahan logo mereka, dengan menghapus gambar kamera Polaroid kuno.

Kesepakatan Satu Miliar Dolar

Instagram akhirnya dijual ke Facebook hanya 6 hari setelah versi Android siap dilepas ke publik. Kesuksesan Instagram versi Android mengubah situasi sepenuhnya.

Instagram sekarang merupakan pesaing kuat untuk Twitter dan pesaing dan juga merupakan ancaman besar bagi Facebook. Tetapi pada akhirnya Marck Zuckerberg yang menyimpulkan kesepakatan super cepat, mengamankan Instagram untuk satu miliar Dolar dan jaminan tidak mengganggu kebebasan mereka.

Banyak yang menganggap bahwa ini adalah kesepakatan terburuk dalam sejarah. Tetapi anggapan itu tidak bertahan lama. Itu adalah tonggak sejarah Instagram lainnya.

Bahkan mungkin, sekarang nilai akuisisi Facebook itu terlihat sangat murah karena Instagram telah tumbuh sangat pesat.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: sejarah instagram, awal berdiri instagram

Related Articles

4 Cara Mengamankan Akun Instagram Kamu Agar Tidak Kena Hack
4 Cara Mengamankan Akun Instagram Kamu Agar Tidak Kena Hack

Merasa takut akun IG terkena hack merupakan hal wajar yang kamu rasakan, untuk itu silahkan simak artikel

Selengkapnya
5 Cara Jualan di WA Biar Laris dan Menjangkau Pelanggan!
5 Cara Jualan di WA Biar Laris dan Menjangkau Pelanggan!

Jika kamu memiliki bisnis sendiri, mengembangkan beberapa platform untuk promosi dan iklan adalah hal

Selengkapnya
Layanan Cloud Server Gratis Mudah untuk Dimanfaatkan
Layanan Cloud Server Gratis Mudah untuk Dimanfaatkan

Pemanfaatan cloud server gratis yang menyediakan secara praktis akan sangat memudahkan pengguna.

Selengkapnya
Nggak Cuma Selebgram, Begini Cara Mendapatkan Uang di Instagram
Nggak Cuma Selebgram, Begini Cara Mendapatkan Uang di Instagram

Ternyata terdapat beberapa cara mendapatkan uang di Instagram yang bisa dilakukan oleh semua orang, mulai

Selengkapnya
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Read More
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Read More
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
Read More
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Read More
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Read More