5 Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik dan Cara Memilihnya

Admin - 17 June 2022 Investasi aplikasi reksadana

Sebelum mengunduh aplikasi reksadana, kamu sebagai pemula memang perlu mempelajari banyak hal, agar proses menabung di salah satu instrumen investasi ini berjalan lancar. Reksadana memang salah satu instrumen investasi terbaik untuk para pemula.

Ibaratnya, dengan memilihnya, kamu yang tujuan awalnya memang ingin menabung dalam target jumlah tertentu, bisa berhasil tanpa harus tergoda untuk mengambilnya. Jika memang niatnya seperti itu, reksadana memang tempat paling tepat.

Kenapa pemula harus memilih jenis instrumen satu ini, karena minim risikonya. Bagi para pemuda yang gajinya belum besar, bisa mulai belajar investasi dari reksadana dulu. Pilih aplikasi terbaik dan berikut pilihannya.

Tips Memilih Aplikasi Reksadana Resmi untuk Investor Pemula

Sebelumnya, apakah kamu semua sudah mengenal apa yang dimaksud dengan reksadana? Instrumen satu ini sebenarnya sebagai wadah pengumpul dana dari para pemodal. Nanti uang yang masuk akan dikelola dalam bentuk surat berharga.

Kamu masih bingung jenis surat berharga itu seperti apa? Contohnya ada saham, obligasi, hingga instrumen pasar uang. 

Sebelum mendaftarkan diri pada sebuah aplikasi dan mulai menyetorkan dana, sebagai pemula harus selektif dalam memilih model reksadana seperti apa.

Karena pertimbangannya dimulai dari tujuannya, modal yang kamu miliki, hingga berapa lama untuk kamu simpan uang tersebut dalam reksadana. Semua harus dipertimbangkan dengan baik, tidak boleh asal mendaftarkan diri.

Beruntung, sekarang anak muda jika ingin mulai berinvestasi bisa dengan beberapa aplikasi resmi pilihan yang aman untuk memulainya. Bahkan kamu tidak perlu modal besar, cukup modal kecil saja sudah bisa berinvestasi.

Baca juga: Tertarik Investasi Saham Google? Cek Caranya Berikut Ini

Nanti, ketika kamu menanamkan modal ke dalamnya, kamu bisa mempercayakannya pada manajer investasi. Itu fungsinya untuk mengelola dana yang telah masuk. Jenis reksadana sendiri ada 4, yaitu ada 

  1. Pasar uang
  2. Pendapatan tetap
  3. Reksadana campuran,
  4. Reksadana saham.

Dari empat yang sudah kami sebutkan di atas, pilih yang terbaik dan mungkin bisa menjadi pembuka keuntungan buat kamu. Inilah tips memilih aplikasi reksadana yang tepat :

  1. Tentukan dulu tujuan investasimu itu untuk apa. Mau jangka pendek, apa menengah atau panjang. Misalnya, tujuannya untuk membeli rumah, bisa menggunakan jangka panjang.
  2. Pilih yang sesuai dengan gayamu dalam berinvestasi. Meski reksadana itu lebih untung dari deposito, tetap ada risikonya. Jika kamu tipe yang cari aman, pilih yang pendapatan atau pasar uang.
  3. Lakukan riset lebih dalam tentang reksadana dan manajer investasinya. Jika ada temanmu yang lebih dulu mengenal investasi ini, tanyakan kepadanya.
  4. Jika ingin untuk berinvestasi, maka lihat dulu nilai draw downnya berapa. Itu yang akan jadi bahan perimbangan dalam berinvestasi.
  5. Jangan lpa untuk mencari tahu mengenai beban biaya untuk manajer investasi yang dipilih.

Melalui cara yang ada di atas, kami yakin kamu bisa memilih reksadana terbaik untuk dimasuki danamu sendiri, hingga memperoleh keuntungan.

5 Aplikasi Reksadana Terbaik dan Resmi

Setelah mempelajarinya dengan baik, media untuk memulainya bisa mengunduh aplikasi terbaik untuk investasi reksadana. Ingatlah untuk memilih yang resmi dan terpercaya. Di Indonesia sudah memiliki beberapa aplikasi terbaik yang ditujukan sebagai media investasi reksadana. Aplikasinya adalah :

1. Bibit

Bibit Didirikan oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama, aplikasi satu ini memang sangat cocok untuk pemula yang baru saja memulai investasi reksadana.

Di dalamnya juga ada beragam fitur seperti Robo Advisor. Fitur tersebut nantinya membantu membangun profil risiko hingga pembuatan portofolionya.

2. Bareksa

Fiturnya sama seperti bibit. Akan tetapi AI Robo Advisor milik Bareksa ini akan memberikan keuntungan. Itu diperoleh berdasarkan kondisi pasar dan juga perekonomian saat itu.

3. Ajaib

Ajaib Sudah memiliki izin dari OJK, membuat aplikasi Ajaib ini menjadi alternatif para pemula yang ingin mencoba menyimpan dana di reksadana. Selain menjadi platform investasi, segala informasi tentang investasi ada di sini. Bahkan kamus istilah tentang pasar uang juga ada.

4. IPOT

IPOT Kepanjangannya adalah Indo Premier Online Technology. Memiliki fitur Robo trading yang dapat melakukan instruksi jual-beli saham.

5. Tanamduit

Terdaftar di OJK sebagai agen penjual reksadana, di Tanamduit sudah pasti aman. Untuk membuka aplikasinya saja menggunakan sidik jari. Jadi, ketika menggunakannya cukup tenang.

Rasa penasaran tidak akan berakhir jika kamu tidak mencobanya secara langsung. Pilih salah satu aplikasi reksadana terbaik, pelajari dengan baik dan mulai berinvestasi dengan modal sedikit dulu sebagai seorang pemula.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: aplikasi reksadana

Related Articles

Ini Alasan Mengapa Instagram menjadi Media Penyebaran Berita Paling Fenomenal
Ini Alasan Mengapa Instagram menjadi Media Penyebaran Berita Paling Fenomenal

Perkembang zaman mengarahkan kita pada peran penting sebagai sumber dari isi media pemberitaan. Pesatnya

Selengkapnya
3 Jadwal Jam FYP TikTok Hari Senin Paling Efektif Post Video
3 Jadwal Jam FYP TikTok Hari Senin Paling Efektif Post Video

Di hari pertama kerja ini tidak banyak orang yang mengakses TikTok. Namun, jika kamu memang ingin menjadi

Selengkapnya
Cara Mudah Menjadi Top Komen di Instagram
Cara Mudah Menjadi Top Komen di Instagram

Menjadi top komen di Instagram adalah salah satu cara untuk mendapatkan followers Instagram dan kunjungan

Selengkapnya
Rahasia! Cara Menambahkan View Tiktok dengan Mudah
Rahasia! Cara Menambahkan View Tiktok dengan Mudah

Jika kamu susah untuk FYP di Tiktok, cara ini cocok untuk kamu yang ingin menambahkan view tiktok dengan

Selengkapnya
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Read More
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Read More
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
Read More
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Read More
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Read More