Instagram Story
Published 21 June 2024 by Informatikamu Editorial

Panduan Lengkap Cara Repost Instagram Story

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Salah satu fitur favorit dari Instagram adalah Instagram Stories, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen sehari-hari mereka secara lebih informal dan sementara. Namun, tidak semua orang tahu cara repost Instagram Story orang lain ke akun mereka sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara repost Instagram Story dengan mudah dan cepat.

Apa Itu Instagram Story?

Instagram Story adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video yang akan hilang setelah 24 jam. Story ini bisa diberi berbagai elemen tambahan seperti stiker, teks, musik, dan lainnya. Banyak pengguna yang ingin membagikan ulang (repost) Story orang lain ke akun mereka sendiri, baik itu karena konten yang menarik atau untuk berbagi pengalaman yang sama.

Mengapa Repost Instagram Story?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin repost Instagram Story:

  1. Berbagi Momen: Anda mungkin ingin membagikan momen yang melibatkan teman atau keluarga Anda.
  2. Promosi: Mungkin ada produk atau acara yang ingin Anda promosikan.
  3. Menghargai Konten Orang Lain: Repost Story bisa menjadi cara untuk menghargai konten yang dibuat oleh orang lain.

Cara Repost Instagram Story

Berikut adalah langkah-langkah untuk repost Instagram Story:

1. Repost Story di Mana Anda Ditandai

Cara termudah untuk repost Instagram Story adalah jika Anda telah ditandai dalam Story tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Notifikasi: Buka aplikasi Instagram dan periksa notifikasi Anda. Jika seseorang telah menandai Anda dalam Story mereka, Anda akan menerima notifikasi tentang hal tersebut.
  2. Buka Pesan Direct (DM): Notifikasi akan membawa Anda ke pesan langsung (DM) di mana Anda bisa melihat Story tersebut.
  3. Tambahkan ke Story Anda: Di bagian bawah Story tersebut, Anda akan melihat opsi "Tambahkan ke cerita Anda". Klik opsi ini untuk menambahkan Story tersebut ke akun Anda.
  4. Sesuaikan Story Anda: Anda bisa menambahkan teks, stiker, atau elemen lainnya sebelum membagikan ulang Story tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ditandai dalam Story dan ingin repost Story tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk repost Instagram Story, seperti:

  1. Repost for Instagram: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk repost foto dan video dari feed dan Story.
  2. Story Saver for Instagram: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan repost Story dari akun publik dan akun yang Anda ikuti.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  1. Unduh dan Instal Aplikasi: Cari aplikasi repost Instagram di App Store atau Google Play Store dan unduh.
  2. Masuk ke Akun Instagram Anda: Setelah menginstal aplikasi, buka dan masuk ke akun Instagram Anda.
  3. Cari Story yang Ingin Direpost: Temukan Story yang ingin Anda repost dan salin tautannya.
  4. Tempel Tautan di Aplikasi Repost: Buka aplikasi repost dan tempel tautan yang telah Anda salin. Aplikasi akan memproses dan memungkinkan Anda untuk repost Story tersebut.

3. Screenshot atau Screen Recording

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk repost Instagram Story adalah dengan melakukan screenshot atau screen recording. Metode ini cukup sederhana dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

  1. Screenshot: Buka Story yang ingin Anda repost dan lakukan screenshot. Anda bisa mengedit screenshot tersebut sebelum membagikannya ke Story Anda.
  2. Screen Recording: Jika Story tersebut berupa video, Anda bisa menggunakan fitur screen recording pada ponsel Anda untuk merekam Story tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengunggah video hasil rekaman ke Story Anda.

Tips Tambahan

  • Kredit ke Pemilik Konten: Selalu berikan kredit ke pemilik asli konten saat Anda repost Story mereka. Ini adalah bentuk penghargaan dan menghormati hak cipta.
  • Periksa Pengaturan Privasi: Pastikan bahwa akun yang memiliki Story tersebut bersifat publik atau Anda sudah mengikuti mereka. Jika akun tersebut bersifat pribadi, Anda tidak akan bisa melihat atau repost Story mereka.

Kesimpulan

Repost Instagram Story bisa menjadi cara yang efektif untuk berbagi momen, mempromosikan sesuatu, atau menghargai konten orang lain. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah repost Instagram Story ke akun Anda. Ingatlah untuk selalu menghargai pemilik asli konten dengan memberikan kredit dan memastikan pengaturan privasi sesuai sebelum repost.

Dengan panduan ini, Anda kini siap untuk repost Instagram Story dan membuat akun Instagram Anda semakin menarik dan interaktif. Selamat mencoba!