Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah

Admin - 12 September 2022 Teknologi Website Gratis

Sebagai seorang programmer pemula biasanya dituntut untuk membuat website sendiri atau membuat website gratis untuk digunakan secara pribadi. Namun, Masih banyak orang merasa bingung saat mempelajarinya secara otodidak.

Sebenarnya membuat website secara gratis tersebut caranya cukup mudah, namun kamu perlu mengandalkan pengamatan secara jeli pada setiap langkah-langkahnya. Dengan begitu, apa yang akan disampaikan bisa diterapkan secara mudah kedepannya.

Namun, membuat free website ini kurang disarankan apabila untuk keperluan, misalnya perusahaan, bisnis, dan lain sebagainya. Namanya gratis, maka tidak akan pernah sebagus apabila kamu menggunakannya cara berbayar.

Kepemilikan website gratis memang terbilang cukup penting bagi masyarakat saat ini untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan atau mempermudah kerjanya. Akhirnya masyarakat dapat mengimbangi perkembangan teknologi dan informasi masa kini.

Misalkan website yang dibuat secara gratis ini digunakan hanya untuk sekedar memberitahukan atau menginformasikan terkait barang dagangan bagi para pedagang sudah cukup baik. Namun, beberapa fitur tentu masih kurang lengkap.

Melalui pembuatan website secara gratis ini, para pengguna dapat sedikit mempelajari sebelum membuat website berbayar. Hal tersebut dapat dilakukan ketika bisnismu sudah cukup berkembang di depannya.

Langkah Membuat Website Gratis untuk Diterapkan

Kalau dilihat secara umum maka terdapat Lima Langkah dalam proses pembuatan website ini. Tentu saja hal tersebut tidak akan menyulitkan para pembaca ketika sudah menerapkan setiap proses-prosesnya.

1. Menentukan Website

Langkah penting yang harus diperhatikan untuk memulai dalam pembuatan website ini yaitu menentukan terlebih dahulu jenis website seperti apa nantinya akan dibuat. Sudah barang pasti hal ini sangatlah diperlukan.

Adapun beberapa jenis website gratis tersebut yaitu meliputi personal, toko online, Blok, organisasi, portal berita, sekolah, dan regional. Dari beberapa macam tersebut kamu perlu memilih salah satunya sebelum membuat.

Tentu saja setiap jenisnya memiliki kelebihannya masing-masing untuk keperluan yang diinginkan oleh para pengguna website nantinya. Dengan begitu, orang yang akan membukanya pasti lebih mudah.

2. Atur Hosting serta Domain secara Gratis

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk proses kedua adalah menggunakan domain secara gratis. Dengan melakukannya kamu tidak bisa menggunakan nama domain TLD seperti jenis website berbayar di internet.

Dalam proses ini kamu membutuhkan domain tambahan sebagai penyedia website secara gratis Misalnya saja seperti wordpress.com. Pastinya konsekuensi dari penggunaan hosting ini yaitu pada pembatasan atas fitur-fitur costomisasi.

3. Mengatur Tema 

Setelah kedua hal di atas sudah dilewati langkah-langkahnya maka kamu perlu mengatur tema atau tampilan untuk Website yang akan dibuat. Pastinya ketika website tersebut dibuat secara gratis tetap ada batasan tersendiri ketika mengatur tampilan ini.

Begitu kamu masuk dashboard, Pilihlah menu appearance, lalu themes, diakhiri dengan add New. Dengan langkah tersebut kamu bisa memilih tema secara gratis yang telah disediakan oleh platform ini.

4. Memasang Plugin

Setelah selesai di tahap ketiga, kamu perlu memasang plugin yang dibutuhkan dalam pembuatan website. Hal ini diperlukan agar tampilan dari website tersebut bisa tertata rapi, sehingga calon pengunjung merasa dimudahkan.

Dalam proses menginstal plugin itu sendiri, pembaca dapat mengakses dashboard, lalu plugins, dan terakhir add New. Dengan melakukan proses ini, kamu dapat langsung menggunakan LiteSpeed Cache dan Yoast SEO.

5. Optimasi Website

Langkah paling akhir dalam pembuatan website secara gratis yaitu pada optimasi website. Namun, langkah ini baru dapat dilakukan begitu kamu memiliki website secara gratis terlebih dahulu.

Dengan proses ini kamu dapat melakukan pengoptimasian website supaya performa dari buatanmu tersebut akan menjadi lebih baik. Jadi, di masih ini menjadi langkah cukup penting bagi kamu yang sedang membuat website sendiri.

Ada dua bagian dalam proses optimasi website yaitu, optimasi performa website dan optimasi untuk melakukan search engine. Optimasi performa website dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan tema website dengan ukuran ringan dan mobile friendly.

Sedangkan, optimasi search engine dapat diproses dengan membuat title tag yang sesuai dengan keyword, serta menggunakan permalink secara singkat dan jelas. Pastikan kamu selalu menulis konten-konten berkualitas untuk mengisi platform ini.

Tentu, melakukan beberapa langkah yang sudah disebutkan sebelumnya sangatlah mudah bukan? Pastikan kamu selalu teliti dalam setiap prosesnya, sehingga pembuatan website gratis dapat berjalan secara lancar tanpa adanya kegagalan.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: Website Gratis

Related Articles

Tips dan Cara menggunakan Instagram Ads
Tips dan Cara menggunakan Instagram Ads

Memasarkan produk bisnis online di dalam media aplikasi Instagram kini sudah menjadi hal biasa. Segala

Selengkapnya
Ukuran Post Instagram Portrait dan Ratio yang Dimiliki
Ukuran Post Instagram Portrait dan Ratio yang Dimiliki

Dalam me-upload foto ke Instagram, biasanya orang akan menggunakan gaya landscape dan portrait. Namun

Selengkapnya
Cara Menjadi Influencer di Instagram dengan Cepat
Cara Menjadi Influencer di Instagram dengan Cepat

Cara menjadi influencer di Instagram bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa melakukan salah satu

Selengkapnya
Tips dan Contoh Komentar Menarik untuk Giveaway di Sosmed
Tips dan Contoh Komentar Menarik untuk Giveaway di Sosmed

Giveaway menjadi salah satu cara termudah dan tercepat untuk menjangkau lebih banyak pengguna media sosial.

Selengkapnya
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Read More
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Read More
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
Read More
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Read More
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Read More