Hati-Hati dengan Aplikasi Pinjaman Online yang Menjebak Nasabah

Admin - 23 June 2022 Investasi aplikasi pinjaman online

Membutuhkan dana secara mendadak, membuat aplikasi pinjaman online menjadi hal utama yang dikejar masyarakat. Mereka tidak tahu, bahwa tidak semua aplikasi tersebut legal dan memiliki izin dari OJK. Hati-hati, sudah banyak sekali korbannya.

Sudah sering terjadi kasus pinjaman online yang berakhir tragis karena peminjam tidak mau membayar. Tapi memang apabila sedang butuh uang, hanya Pinjol yang cepat memberikan pinjaman kepada kamu.

Boleh meminjam, asalkan jangan asal memilih platformnya. Paling tidak, jika sudah diawasi oleh badan keuangan, kamu menjadi tenang. Meminjam uang juga jangan untuk konsumsi, tapi lebih baik diputar.

Baca juga: Cara Daftar Menggunakan Aplikasi Investasi Legal Secara Aman

Tips Aman Dalam Meminjam Online

Inilah gunanya kamu menabung atau berinvestasi. Agar nantinya tidak pernah menghadapi situasi genting dengan meminjam online untuk memperoleh dana cepat.

Jika kamu memiliki dana darurat dengan tabungan yang telah dikumpulkan sejak dulu, kamu hanya perlu mengambilnya saja. Tidak ada hutang dan resiko berlebih.

Tapi kebiasaan banyak masyarakat Indonesia, mereka tidak melakukan tindakan preventif. Lebih memikirkan kesenangan hari ini, tapi tidak masa depan.

Pada akhirnya, aplikasi pinjaman online menjadi jurus andalan bagi mereka ketika membutuhkan dana cepat. Sebenarnya, tidak ada hal yang salah dengan berhutang, tapi posisikan pada situasi paling tepat.

Kamu juga jangan salah memilih aplikasi. Ketika kena tipu Pinjol, itu akan sulit keluar dari jeratannya. Tidak hanya kamu yang menghadapi resikonya, tapi orang-orang yang ada di kontakmu ikut terseret juga.

Zaman sekarang memang pinjaman online sudah sangat umum dilakukan. Tapi meski begitu, memang perlu adanya pertimangannya. Maka, inilah tips paling aman untuk kamu lakukan jika memang terpaksa melakukan pinjaman online :

  1. Mau hutang berapa, pertimbangkan berdasarkan kemampuanmu dalam membayar. Paling tidak, pembayaran hutang itu 30% dari total pendapatanmu setiap bulannya agar tidak terlalu berat.
  2. Kami anjurkan, jika berhutang itu bukan untuk hal konsumtif. Misalnya, berhutang untuk membeli tas bermerk, membeli kendaraan lagi dan lain sebagainya. Ada baiknya berhutang untuk membuka usaha. Jadi dananya memutar dan bisa membayar hutang kembali.
  3. Karena memang pinjaman online jauh lebih mudah, lihat legalitas dari aplikasi pinjol tersebut. Pastikan sudah terdaftar di OJK agar aman dan tidak kena tipu.
  4. Selain aplikasi, pinjaman online pastinya memiliki web resminya. Coba kamu cek web resminya untuk memastikan apakah aman atau tidak.
  5. Perhatikan bunga yang diberikan pihak pinjol kepada nasabah. Jika apknya memang di bawah perlindungan OJK, pasti syarat pemberian bunganya transparan agar calon peminjam mengetahuinya.

7 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Aman

Selain tips di atas, sebelum mendaftarkan diri pada sebuah aplikasi pinjol, baca dulu syarat dan ketentuannya. Untuk apk asli dan resmi, pastinya memberikan syarat masuk akal dan mudah dimengerti.

Pastikan juga ada layanan konsumen. Di mana nanti calon peminjam bisa menghubungi pihak aplikasi ketika ada permasalahan sehingga bisa diatasi dengan cepat.

Meski terkadang syarat peminjaman pada aplikasi akan lebih sulit, tapi itu jauh lebih aman serta bunganya masih terbilang wajar. Berbeda jika kamu malam melakukan peminjaman ke pinjaman online abal-abal. Ada banyak akibat buruknya yang akan kamu terima.

Pertama, bunga yang diberikan akan sangat tinggi dan tidak sesuai aturan Otoritas Jasa Keuangan. Bahkan per harinya bisa 0,8%. Bisa dibayangkan jika telat jatuh tempo dalam membayarnya?

Kedua, data pribadi akan tersebar karena kamu sebelumnya harus berfoto dengan KTP. Kontak yang tersimpan di ponselmu juga akan diretas. Melakukan ancaman yang sangat kejam. 

Jika kamu menerima ancaman seperti ini, segera laporkan saja kepada pihak berwajib. Kini, polisi bisa menerima kasus atas korban pinjaman online. Apabila memang ingin melakukan peminjaman online, berikut 7 aplikasi pinjaman online yang resmi dan legal :

  1. KreditPintas
  2. Danamas
  3. Indodana
  4. Maucash
  5. Akseleran
  6. Finmas
  7. Koin P2P

Selain rekomendasi di atas, e-commerce seperti Shopee juga menawarkan pinjaman dengan limit besar dan bunga ringan. Bisa juga Shopee Paylater, belanja sekarang, bayar nanti atau mengkreditnya.

Jika memang tidak mau berhutang dengan membayar bunga cukup besar, hindari dengan menabung atau berinvestasi mulai dari sekarang. Jika memang terpaksa, pilih aplikasi pinjaman online terbaik dan memiliki status legal.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: aplikasi pinjaman online

Related Articles

Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral

Suara Google Translate TikTok saat ini menjadi tren baru di kalangan konten kreator karena dianggap

Selengkapnya
Cara Membuat Email dengan Mudah Tanpa No HP
Cara Membuat Email dengan Mudah Tanpa No HP

Ada 2 cara membuat email tanpa no HP yang sebenarnya mudah sekali dilakukan siapapun. Baik itu menggunakan

Selengkapnya
Upload di Jam FYP Tiktok Hari Jumat Agar Views Banyak
Upload di Jam FYP Tiktok Hari Jumat Agar Views Banyak

Jumat merupakan hari yang spesial, karena merupakan salah satu hari yang dekat dengan weekend. Banyak

Selengkapnya
Apa Arti Impresi di Instagram?
Apa Arti Impresi di Instagram?

Instagram merupakan sosial media populer yang memiliki banyak sekali fitur yang dimanfaatkan untuk berjualan,

Selengkapnya
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Langkah Membuat Website Gratis dengan Proses Mudah
Read More
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Aplikasi Sewa Apartemen yang Memudahkan Cari Tempat Inap
Read More
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
5 Asuransi Kesehatan Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan
Read More
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Membuat Sticker Whatsapp Lawak dengan Cara Mudah
Read More
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Cara Mengaktifkan Suara Google Translate TikTok yang Viral
Read More