whatsapp, whatsapp luar negeri 
Published 08 November 2023 by Informatikamu Editorial

Cara Daftar WhatsApp Menggunakan Nomor Luar Negeri

Sudah pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mendaftarkan nomor telepon internasional di aplikasi WhatsApp? Atau mungkin Anda telah berada di luar negeri dan ingin mempertahankan koneksi dengan orang-orang tercinta di rumah tanpa membayar biaya roaming yang mahal? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah detail tentang bagaimana Anda bisa mendaftarkan WhatsApp menggunakan nomor telepon luar negeri. 

Harap dicatat bahwa ini bukanlah proses yang rumit, sama sekali tidak. Jadi, Anda mungkin bertanya, "Kenapa mendaftarkan nomor luar negeri?" Jawabannya cukup sederhana. Melakukan ini tidak hanya bisa menghemat biaya, namun juga memberi Anda akses ke fitur dan fungsi tambahan yang mungkin tidak tersedia untuk pengguna dengan nomor telepon lokal. 

Keuntungan Memiliki Nomor WhatsApp Luar Negeri 

Pertama, marilah kita lihat beberapa alasan bagus tentang mengapa itu ide yang baik untuk memiliki nomor WhatsApp internasional. 

  • Koneksi Global: Tidak peduli di mana Anda berada, Anda akan tetap terkoneksi dengan orang-orang di seluruh dunia.
  • Penghematan Biaya: Anda tidak perlu khawatir tentang biaya roaming saat berada di luar negeri atau mengirim pesan ke orang di negara lain.
  • Fitur Tambahan: Beberapa fitur dan fungsi tambahan mungkin tersedia untuk Anda yang tidak tersedia untuk pengguna dengan nomor telepon lokal.

Sekarang setelah kita tahu mengapa memiliki nomor WhatsApp internasional bisa sangat berguna, mari memulai dengan langkah-langkah tentang cara mendaftarkannya.

Memulai proses ini sebenarnya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Menggunakan nomor internasional di WhatsApp sama saja seperti menggunakan nomor lokal. Mayoritas langkah-langkahnya serupa, tetapi kita juga perlu memastikan bahwa kita memiliki akses ke nomor telepon internasional yang kita gunakan. Oke, langsung saja, berikut langkah-langkahnya: 

    1. Pertama, kamu harus memiliki SIM Card internasional atau nomor telepon yang kamu inginkan. Ingat, kamu harus bisa menerima SMS atau telepon di nomor tersebut untuk verifikasi.
    2. Unduh dan instal aplikasi WhatsApp jika belum ada di perangkatmu, atau jika sudah ada uji untuk memastikan aplikasi ini sudah diperbarui ke versi terbaru.
    3. Buka aplikasi dan pilih "Setuju dan Lanjutkan" untuk menyetujui syarat dan ketentuan.

Tambahkan nomor telepon internasional dalam format internasional.

  1. Setelah menambahkan nomor telepon, kamu akan diminta untuk memverifikasinya. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau telepon pada nomor yang kamu tambahkan.
  2. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang disediakan di WhatsApp. Setelah dimasukkan, proses verifikasi selesai dan kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp menggunakan nomor internasional.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Babatan utama dalam proses ini adalah verifikasi. Pastikan kamu bisa menerima SMS atau panggilan di nomor telepon internasional yang ingin digunakan. Asalkan kamu bisa melakukannya, seharusnya tidak ada masalah untuk mendaftar dan mengatur WhatsApp dengan nomor luar negeri. 

Ingat, WhatsApp hanya memperbolehkan satu nomor telepon untuk satu akun. Jadi, jika kamu ingin menggunakan dua nomor, kamu harus membuat dua akun di dua perangkat yang berbeda. Semoga bermanfaat!

Pertama-tama, sebelum kami membahas tentang bagaimana membuka akun WhatsApp dengan nomor luar negeri, perlu kita pahami bahwa proses ini sepenuhnya legal dan tidak melanggar kebijakan WhatsApp. Jadi, merasa penasaran bagaimana caranya? Mari kita mulai. 

Langkah 1: Mendapatkan Nomor Telepon Luar Negeri 

Untuk bisa menggunakan WhatsApp dengan nomor telepon luar negeri, tentu saja, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendapatkan nomor telepon tersebut. Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan ini, seperti 2ndLine, TextNow, dan masih banyak lagi lainnya. Seluruh layanan ini umumnya gratis, tetapi ada juga beberapa yang mempunyai fitur premium berbayar. 

Langkah 2: Verifikasi Nomor Telepon 

Setelah kamu mendapatkan nomor telepon dari salah satu aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Kamu perlu memastikan bahwa nomor ini aktif dan dapat menerima pesan untuk proses verifikasi nantinya. Untuk itu, periksa apakah nomor ini sudah terdaftar dan siap digunakan. 

Langkah 3: Pendaftaran ke WhatsApp 

Sekarang, setelah nomor telepon sudah siap, saatnya daftar ke WhatsApp. Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih opsi ‘Register’. Isi kode negara dari nomor telepon yang kamu gunakan (ini bervariasi tergantung negaranya), lalu masukkan nomor telepon. Pastikan untuk memasukkan nomor yang kamu dapatkan dari aplikasi penyedia nomor telepon. 

Langkah 4: Verifikasi Nomor Telepon di WhatsApp 

Setelah nomor kamu dimasukkan, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui pesan teks. Kode ini biasanya terdiri dari 6 digit. Tetapi, jika pesan teks tidak datang, kamu juga bisa memilih untuk verifikasi via panggilan. Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan ke kolom yang telah disediakan dan Anda selesai. 

Sejauh ini mudah, bukan? Namun, selalu ingat bahwa setiap langkah di atas mentransfer tanggung jawab privasi informasi pribadi kepada pihak ketiga. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi dan memilih penyedia layanan nomor telepon luar negeri yang tepercaya dan aman.