belajar pemograman, web belajar programing
Published 28 October 2023 by Informatikamu Editorial

Belajar Pemrograman Sendiri di Rumah? Coba 7 Website Gratis Ini

Selamat datang, pembaca yang berdedikasi! Apakah Anda pernah merasa terpikir untuk memulai belajar pemrograman? Atau mungkin Anda sudah berada di tengah perjalanan belajar dan mencari sumber belajar baru untuk mengasah keterampilan Anda lebih jauh? Jika jawabannya ya, Anda berada di tempat yang tepat! 

Pemrograman, tidak diragukan lagi, adalah keterampilan yang sangat penting pada era digital ini. Baik Anda seorang pemula yang baru memasuki dunia kode, atau seorang profesional yang berupaya untuk terus up to date, kemampuan untuk memahami dan menguasai bahasa pemrograman tertentu dapat membuka banyak pintu peluang. 

Tetapi bagaimana cara belajar pemrograman secara mandiri di rumah? Tenang, artikel ini hadir untuk membantu Anda. Kami telah merangkum beberapa website gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk belajar pemrograman langsung dari kenyamanan rumah Anda. Mari kita jelajahi opsi-opsi ini bersama-sama!

1. Codecademy: Belajar Pemrograman dengan Interaktif dan Mudah Dipahami

Menyebutkan Codecademy dan tidak merasakan antusiasme hampir tidak mungkin bagi mereka yang berkecimpung di dunia pemrograman. Ya, Codecademy memeang situs belajar coding yang sangat interaktif yang membuat banyak orang jatuh cinta pada pemrograman. Mengandalkan konsep "belajar sambil melakukan", Codecademy membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan efektif. 

belajar programing

Kenapa Codecademy begitu istimewa? Ada beberapa alasan menarik untuk ini : 

  • Interface yang Ramah Pengguna: Dengan tampilan yang sederhana namun memberikan informasi yang cukup, kamu bisa langsung belajar tanpa perlu bingung dengan navigasi situs.
  • Konten Belajar yang Lengkap: Codecademy menawarkan kurikulum lengkap untuk berbagai bahasa pemrograman populer, termasuk JavaScript, Python, dan Ruby.
  • Proyek Nyata: Kamu tidak hanya belajar teori, tapi juga pratikum. Terapkan apa yang telah kamu pelajari dalam proyek nyata yang bisa kamu tambahkan ke portofolio kamu.

Jadi, sudah siap untuk memulai coding dengan Codecademy? Mulailah dengan menentukan tujuan belajar kamu, dan situs berbahasa Inggris ini akan membimbing kamu step by step untuk meraihnya. Dan yang terbaik dari semuanya, kamu bisa belajar secara gratis!

2. FreeCodeCamp: Belajar dan Mengerjakan Proyek Pemrograman untuk Pengalaman Nyata

Masih bingung mencari platform belajar pemrograman yang tepat? Bagaimana jika kita berbincang tentang FreeCodeCamp? FreeCodeCamp adalah tempat yang dianggap osasis oleh pemula maupun yang telah berpengalaman dalam dunia pemrograman. Pada platform ini, Anda bisa belajar dan mengerjakan proyek-proyek pemrograman yang akan memberikan Anda pengalaman nyata dalam dunia pemrograman. 

FreeCodeCamp menawarkan berbagai modul belajar yang dapat Anda akses secara gratis. Mulai dari HTML, CSS, JavaScript hingga Python dan lainnya. Tertarik mencoba menyelesaikan proyek dan mendapatkan sertifikat pemrograman yang diakui secara global? FreeCodeCamp adalah jawabannya. Anda akan dibimbing setiap langkah untuk menyelesaikan sebuah proyek pemrograman hingga Anda mendapat sertifikat untuk pekerjaan tersebut. 

Tetapi, apa saja yang ditawarkan FreeCodeCamp? Berikut adalah beberapa contoh kursus yang dapat Anda ikuti: 

  • HTML dan HTML5
  • CSS dan CSS3
  • JavaScript: Dari dasar hingga tingkat mahir
  • Python: Untuk pemrograman web dan analisis data

FreeCodeCamp tidak hanya memberi Anda pengetahuan, tetapi juga pengalaman. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi dalam komunitas mereka. Hebat, bukan? 

“Belajar sendiri cukup sulit, tetapi dengan hadirnya komunitas, perjalanan belajar Anda akan menjadi lebih menyenangkan.”

Sehingga Anda tidak hanya belajar, tetapi juga berbagi, mendapatkan masukan, dan bertukar ide dengan para programmer lainnya dari seluruh dunia. Jadi tunggu apa lagi? Ayo bermula belajar pemrograman di FreeCodeCamp!

3. W3Schools: Referensi Lengkap untuk Bahasa Pemrograman dan Teknologi Web

belajar pemograman

Ada alasan mengapa developer, baik yang baru mulai belajar maupun yang sudah berpengalaman, selalu kembali ke W3Schools. W3Schools merupakan sumber referensi yang sangat lengkap untuk berbagai topik tentang bahasa pemrograman dan teknologi web. Mulai dari HTML, CSS, JavaScript, hingga PHP, SQL dan masih banyak lagi. 

Mau belajar HTML dari nol? Atau ingin mengasah pengetahuan Anda tentang JavaScript? Semua dapat diakses dengan mudah di W3Schools. Tidak hanya teorinya, website ini juga menawarkan fitur "Try it Yourself" yang memungkinkan Anda untuk langsung mempraktekkan contoh kode yang diberikan. Sungguh cara yang luar biasa untuk belajar pemrograman, bukan? 

  • Fitur: Referensi Lengkap, Contoh Kode, Try it Yourself
  • Harga: Gratis

Apalagi, W3Schools memahami bahwa belajar pemrograman bukan hanya tentang menghafal kode. Mereka memberikan penjelasan dan panduan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ditambah dengan contoh yang relevan. Bahkan jika Anda terjebak di tengah belajar, Anda bisa mengecek forum W3Schools di mana developer lainnya membahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit. 

"Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman langsung. Di W3Schools, Anda tidak hanya membaca dan belajar, tetapi juga melakukan."

Jadi, apakah Anda siap untuk memulai perjalanan belajar programming Anda bersama W3Schools? Mari kita jelajahi dunia kode bersama!

4. Khan Academy: Materi Pemrograman yang Terstruktur dan Dapat Diakses oleh Semua Orang

Siapa bilang belajar pemrograman harus sulit dan membosankan? Khan Academy berdedikasi untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan sekaligus mengedukatif. Laman web edukasi ini tidak hanya memberikan pengetahuan dasar dan prinsip pemrograman secara menyeluruh dan sistematis, tetapi juga menjadikannya menarik dan mudah dipahami dengan sistem pembelajaran visual dan interaktif. 

Bagaimana caramu belajar paling efektif? Apakah kamu lebih suka dengan video, atau kuis, atau bahkan latihan interaktif? Khan Academy menawarkan semuanya. Setiap konsep pemrograman disajikan dalam format video dan dilengkapi dengan kuis serta latihan untuk mempermudah pemahaman. 

  • Video pelajaran: Materi dipaparkan dalam bentuk video oleh instruktur profesional yang cerdas dan penuh antusiasme. Format visual ini membantu kamu memahami konsep dengan lebih baik.
  • Kuis: Setelah menyelesaikan setiap video, kamu akan dihadapkan dengan serangkaian pertanyaan untuk memastikan bahwa kamu benar-benar memahami konsep tersebut.
  • Latihan interaktif: Bagian ini memberi kamu kesempatan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari dalam lingkungan pemrograman langsung.

Khan Academy juga menyediakan pelajaran pemrograman bagi anak-anak. Dengan adanya beragam kursus yang ditujukan untuk anak-anak, kita bisa memperkenalkan mereka pada dunia pemrograman sejak usia dini. Mungkin mereka akan menjadi pemprogram selanjutnya yang akan menciptakan teknologi baru di masa depan. 

Tidak hanya fokus pada satu bahasa pemrograman, Khan Academy juga menyediakan variasi bahasa pemrograman popular seperti JavaScript, HTML/CSS, SQL, dan lainnya, membuatnya cocok bagi semua tingkat keahlian pemrograman. Jadi, siapkah kamu untuk menjelajahi dunia teknologi dan menjadi pemrogram mandiri yang ahli dengan Khan Academy?

5. Udacity: Kursus Pemrograman dengan Kualitas Tinggi dari Ahli Industri

Di manakah tempat terbaik untuk belajar langsung dari para ahli di bidangnya? Tentu saja jawabannya adalah Udacity. Udacity adalah platform pembelajaran online yang memiliki kolaborasi dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Amazon, IBM, dan lain-lain. Platform ini menawarkan berbagai Nanodegree, atau program gelar mini, termasuk yang berfokus pada pemrograman. 

Metode belajar di Udacity dibagi menjadi beberapa modul yang memungkinkan Anda mempelajari topik yang Anda minati dengan kecepatan Anda sendiri. Bagaimana cara kerjanya? 

  1. Pertama, Anda memilih Nanodegree yang ingin Anda pelajari.
  2. Kemudian, Anda akan melewati serangkaian video pembelajaran, kuis, dan proyek-proyek yang akan membantu Anda memahami konsep dengan lebih baik.
  3. Terakhir, Anda akan mendapatkan sertifikat keberhasilan setelah menyelesaikan program tersebut.

Udacity dikenal karena kualitas materi pembelajaran yang disajikan. Penjelasannya cukup detail namun juga mudah dimengerti oleh pemula sekalipun. Jadi, apakah Anda seorang profesional yang ingin meningkatkan keterampilan Anda atau seseorang yang baru memulai perjalanan dalam dunia pemrograman, Udacity pasti menjadi tempat yang sangat berguna untuk Anda. 

Tetapi, perlu diingat bahwa meski beberapa kursus tersedia secara gratis, program Nanodegree biasanya berbayar. Jadi, pastikan Anda siap untuk investasi waktu dan uang jika Anda memilih untuk belajar di sini. 

Lanjutkan belajar, lanjutkan berkembang. Dengan Udacity, Anda bisa mencapainya.

6. Coursera: Pilihan Kursus Pemrograman dari Universitas-Universitas Terkenal

 mencicipi pengalaman belajar pemrograman langsung dari universitas terkemuka dunia? Coursera adalah pilihan yang tepat untuk Anda! Website ini menyediakan beragam kursus pemrograman dari berbagai universitas ternama, mulai dari Stanford hingga University of Michigan.

Kursus-kursus di Coursera dibawakan secara profesional oleh para ahli di bidangnya, dan tentunya akan memberikan pengetahuan serta keterampilan yang mumpuni dalam pemrograman. Anda akan diajak untuk belajar secara mendalam berbagai bahasa pemrograman yang populer seperti Java, Python, JavaScript, dan banyak lagi. 

Yang menarik, Coursera juga memungkinkan Anda untuk belajar sesuai ritme Anda sendiri. Jadi, meskipun Anda mungkin memiliki jadwal yang padat, Anda masih dapat meningkatkan keterampilan pemrograman Anda kapan saja dan di mana saja. 

Ingatlah bahwa pemrograman bukanlah tentang seberapa cepat Anda belajar, tapi seberapa baik Anda memahami.

Di samping itu, Coursera juga memberikan sertifikat resmi setelah Anda menyelesaikan kursus. Tentunya, sertifikat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan portofolio dan mempertinggi nilai Anda di mata dunia kerja. 

Namun, perlu dicatat bahwa sebagian besar kursus di Coursera bukanlah gratis. Anda harus membayar biaya tertentu untuk mengakses semua materi kursus dan mendapatkan sertifikasi. Tetapi, percayalah bahwa setiap penny yang Anda keluarkan akan sebanding dengan pengetahuan dan keterampilan yang Anda dapatkan. 

Jadi, siapkah Anda untuk belajar pemrograman di tingkat universitas dengan Coursera?

7. SoloLearn: Belajar Pemrograman melalui Game dan Komunitas Belajar

Pernahkah Anda berpikir bahwa belajar pemrograman bisa seasyik bermain game? Jika belum, SoloLearn akan membuka cakrawala baru bagi Anda. SoloLearn adalah platform belajar online yang menawarkan pengalaman unik bagi penggunanya untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman, mulai dari Java, Python, hingga C++, melalui konsep permainan dan komunitas belajar. 

Bagaimana caranya? Di SoloLearn, Anda akan mengisi waktu luang dengan menyelesaikan misi dan tantangan pemrograman yang seru. Dengan setiap level yang Anda lewati, Anda tidak hanya mendapatkan poin dan bergerak maju, tetapi juga memahami konsep-konsep pemrograman secara lebih mendalam. Anda tidak bisa membayangkan betapa menyenangkannya ini, bukan? 

Tidak hanya itu, SoloLearn juga menawarkan kesempatan kepada Anda untuk berinteraksi dengan komunitas pembelajar pemrograman lainnya dari seluruh dunia. Di sini, Anda dapat berdiskusi, berbagi ide, dan bahkan bekerja sama dalam proyek. Mengasyikkan, bukan? 

Berikut beberapa fitur utama dari SoloLearn yang perlu Anda ketahui: 

  1. Belajar sambil bermain: Mengubah rutinitas belajar Anda menjadi lebih interaktif dan menyenangkan melalui berbagai misi dan tantangan.
  2. Komunitas Belajar: Kesempatan untuk berinteraksi dan belajar bersama dengan pemrogram lain dari seluruh dunia.
  3. Interaktivitas: Materi pembelajaran yang dirancang dengan baik, termasuk kuis dan latihan praktis untuk membantu Anda memahami konsep dengan lebih baik.
  4. Varietas Bahasa Pemrograman: Menawarkan kursus untuk berbagai bahasa pemrograman, termasuk pemrograman untuk pemula.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Yuk segera bergabung dalam SoloLearn dan mulai petualangan belajar pemrograman Anda!