Backpacking hemat, Perjalanan budget-friendly, Tips perjalanan luar negeri
Published 22 August 2023 by Informatikamu Editorial

8 Tips Perjalanan Budget-Friendly Backpacking Hemat ke Luar Negeri

Backpacking ke luar negeri merupakan salah satu cara yang menarik untuk menjelajahi dunia dengan budget terbatas. Terlebih lagi, perjalanan backpacking dapat memberikan pengalaman tak terlupakan dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi lebih dekat dengan budaya lokal. Namun, untuk menjalankan perjalanan backpacking yang sukses dan budget-friendly, diperlukan persiapan yang matang dan pengetahuan tentang cara mengelola anggaran dengan bijak. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang bagaimana melakukan perjalanan backpacking hemat ke luar negeri.

Rencanakan dengan Matang

Langkah pertama untuk perjalanan backpacking yang hemat adalah merencanakan dengan matang. Tentukan tujuan Anda, durasi perjalanan, dan anggaran yang tersedia. Buatlah rencana perjalanan yang mencakup rute, tempat menginap, aktivitas yang ingin dilakukan, dan estimasi biaya untuk setiap elemen.

Cari Tiket Pesawat Murah

Tiket pesawat sering menjadi salah satu biaya terbesar dalam perjalanan ke luar negeri. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, pertimbangkan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan mesin pencari tiket seperti Skyscanner, Google Flights, atau Momondo. Jika fleksibel dengan tanggal, pilihlah waktu perjalanan di luar musim liburan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Saat memilih akomodasi, pertimbangkan pilihan seperti hostel, guesthouse, atau apartemen sewa. Situs web seperti Hostelworld, Booking.com, dan Airbnb dapat membantu Anda menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran. Bagi para backpacker, hostel sering menjadi pilihan yang baik karena selain harganya yang terjangkau, juga memberikan kesempatan untuk bertemu dengan para backpacker lainnya.

Makan Hemat

Pengeluaran makanan dapat dengan cepat menguras anggaran perjalanan. Cobalah untuk menghindari makan di restoran mewah dan pilihlah warung atau kedai lokal yang lebih terjangkau. Anda juga dapat membeli makanan di pasar lokal dan memasak sendiri jika akomodasi yang Anda pilih memiliki dapur bersama.

Gunakan Transportasi Umum

Daripada mengandalkan taksi atau layanan transportasi pribadi lainnya, manfaatkan sistem transportasi umum di destinasi Anda. Ini tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga memberikan pengalaman lokal yang lebih autentik.

Prioritaskan Aktivitas Gratis atau Terjangkau

Saat merencanakan aktivitas selama perjalanan, prioritaskan aktivitas yang gratis atau memiliki biaya masuk yang terjangkau. Kunjungi tempat-tempat wisata alam, taman, pasar lokal, dan pameran seni yang tidak memerlukan biaya besar.

Belanja dengan Bijak

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh atau suvenir dari perjalanan, pertimbangkan untuk berbelanja dengan bijak. Jauhi pusat perbelanjaan mewah dan coba cari pasar atau toko-toko lokal yang menawarkan barang-barang unik dengan harga lebih terjangkau.

Gunakan Aplikasi dan Kartu Diskon

Manfaatkan aplikasi perjalanan dan kartu diskon yang dapat membantu Anda menghemat uang. Beberapa aplikasi menawarkan diskon untuk restoran, atraksi, atau bahkan transportasi. Selain itu, beberapa kartu kredit atau kartu pelanggan dari maskapai penerbangan dapat memberikan potongan harga atau penghargaan poin.

Kesimpulan

Backpacking hemat ke luar negeri memang memerlukan perencanaan dan pengelolaan anggaran yang bijak, tetapi pengalaman dan kenangan yang Anda dapatkan akan sangat berharga. Dengan merencanakan dengan matang, memilih opsi yang terjangkau untuk transportasi dan akomodasi, serta mengontrol pengeluaran makan dan hiburan, Anda dapat menjalani perjalanan yang tak terlupakan tanpa harus menghabiskan anggaran yang besar. Ingatlah bahwa tujuan utama dari perjalanan backpacking adalah untuk menjelajahi budaya dan lingkungan baru, sehingga tetaplah fleksibel dan terbuka terhadap pengalaman baru selama perjalanan Anda.

Untuk kamu yang ingin menambahkan followes Instagram dengan cepat, kamu bisa menggunakan layanan followers instagram gratis dari kami.