Akomodasi murah backpacking internasional, Tips mencari akomodasi terjangkau, Platform pencarian online untuk akomodasi
Published 22 August 2023 by Informatikamu Editorial

Bagaimana Mencari Akomodasi Murah Saat Backpacking Internasional

Saat merencanakan perjalanan backpacking internasional, salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan adalah akomodasi. Memilih akomodasi yang tepat tidak hanya akan berpengaruh pada kenyamanan Anda selama perjalanan, tetapi juga dapat memengaruhi anggaran yang dikeluarkan. Bagi para backpacker yang ingin menjelajahi dunia dengan anggaran terbatas, mencari akomodasi murah menjadi salah satu prioritas utama. Berikut adalah beberapa tips dan trik tentang bagaimana mencari akomodasi murah saat backpacking internasional.

Riset Sebelumnya Adalah Kunci

Sebelum Anda berangkat, luangkan waktu untuk melakukan riset mendalam tentang destinasi yang akan Anda kunjungi. Kenali wilayah-wilayah di kota tersebut dan tentukan di mana Anda ingin menghabiskan waktu Anda. Mengetahui daerah-daerah ini akan membantu Anda mempersempit pilihan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

Manfaatkan Platform Pencarian Online

Platform pencarian online seperti Booking.com, Agoda, Hostelworld, dan Airbnb adalah teman terbaik Anda saat mencari akomodasi murah. Anda dapat memfilter pilihan berdasarkan harga, tipe akomodasi, dan ulasan dari pengunjung sebelumnya. Pastikan untuk membaca ulasan dengan cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, fasilitas, dan kebersihan.

Hostel: Pilihan Favorit Backpacker

Hostel adalah akomodasi yang sering menjadi favorit backpacker. Selain harganya yang terjangkau, menginap di hostel juga memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan backpacker lainnya. Beberapa hostel menawarkan kamar bersama dengan tempat tidur susun (bunk bed) yang lebih murah daripada kamar pribadi. Meskipun fasilitasnya mungkin sederhana, banyak hostel modern juga menawarkan fasilitas keren seperti area umum yang nyaman, dapur bersama, dan bahkan tur gratis.

Apartemen Sewaan

Jika Anda bepergian dalam kelompok atau mencari privasi lebih, mempertimbangkan untuk menyewa apartemen bisa menjadi pilihan yang baik. Platform seperti Airbnb atau Vrbo menawarkan berbagai pilihan apartemen dengan harga yang terjangkau, terutama jika Anda berencana tinggal lebih lama. Dengan memiliki dapur tersedia, Anda juga dapat menghemat uang dengan memasak makanan sendiri.

Couchsurfing: Pengalaman Unik

Bagi para petualang sejati yang ingin merasakan budaya lokal dengan lebih mendalam, Couchsurfing adalah pilihan menarik. Platform ini memungkinkan Anda untuk menginap di rumah orang lokal secara gratis. Selain menghemat uang, Anda juga dapat memperluas jaringan sosial dan mendapatkan pandangan insider tentang destinasi yang Anda kunjungi.

Menginap di Pinggiran Kota

Harga akomodasi di pusat kota biasanya lebih mahal dibandingkan dengan daerah pinggiran. Pertimbangkan untuk menginap di pinggiran kota dan menggunakan transportasi umum untuk menuju ke tempat-tempat wisata. Meskipun Anda mungkin harus sedikit lebih berkomitmen dalam hal waktu perjalanan, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang.

Akomodasi murah backpacking internasional

Pertimbangkan Musim Wisata

Harga akomodasi dapat bervariasi tergantung pada musim wisata di suatu destinasi. Musim tinggi cenderung lebih mahal daripada musim rendah. Jika Anda memiliki fleksibilitas dalam jadwal perjalanan, pertimbangkan untuk mengunjungi destinasi Anda selama musim rendah untuk mendapatkan harga akomodasi yang lebih murah.

Tawar-Menawar

Di beberapa destinasi, terutama di pasar tradisional atau tempat-tempat seperti pasar malam, Anda dapat mencoba menawar harga akomodasi, terutama jika Anda berniat untuk menginap lebih dari satu malam. Namun, pastikan Anda melakukan ini dengan sopan dan menghormati budaya lokal.

Grup Media Sosial dan Aplikasi Perjalanan

Bergabunglah dengan grup media sosial atau aplikasi perjalanan yang fokus pada backpacking dan perjalanan murah. Anggota grup sering berbagi tips tentang akomodasi murah, diskon, dan penawaran khusus yang mereka temukan selama perjalanan mereka.

Jadilah Fleksibel

Terakhir, tetaplah fleksibel dalam hal pilihan akomodasi Anda. Bisa jadi rencana awal Anda tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menemukan penawaran terbaik dengan bersedia pindah-pindah akomodasi selama perjalanan Anda.

Kesimpulan

Mencari akomodasi murah saat backpacking internasional memang memerlukan usaha ekstra, tetapi dengan melakukan riset, menggunakan platform pencarian online, dan mempertimbangkan pilihan alternatif, Anda dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran Anda tanpa mengorbankan kenyamanan. Selamat merencanakan perjalanan dan menikmati pengalaman baru di berbagai belahan dunia!

Untuk kamu yang ingin menambahkan followes Instagram dengan cepat, kamu bisa menggunakan layanan followers instagram gratis dari kami.