Hemat uang backpacking internasional, Strategi perjalanan budget-friendly, Tips backpacking hemat biaya, Destinasi impian terjangkau, Pengalaman petualangan sederhana
Published 28 August 2023 by Informatikamu Editorial

7 Strategi Hemat Uang Saat Melakukan Backpacking ke Destinasi Internasional

Berwisata telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, menawarkan pengalaman yang memperluas wawasan dan menciptakan kenangan berharga. Salah satu cara populer dan hemat biaya untuk menjelajahi dunia adalah dengan melakukan backpacking. Backpacking melibatkan perjalanan ringan, menginap di akomodasi yang terjangkau, dan mengadopsi semangat petualangan yang lebih tinggi. Bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan backpacking internasional, menerapkan strategi hemat uang menjadi kunci utama agar pengalaman tersebut tetap terjangkau. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh strategi efektif untuk menghemat uang saat melakukan backpacking ke destinasi internasional.

1. Pilih Destinasi dengan Teliti

Langkah pertama adalah memilih destinasi dengan bijak sesuai anggaran Anda. Beberapa negara memiliki biaya hidup yang lebih rendah dibandingkan negara lain, termasuk biaya akomodasi, makanan, dan transportasi. Destinasi di Asia Tenggara, Amerika Latin, dan beberapa bagian Eropa Timur seringkali lebih terjangkau bagi para backpacker. Lakukan riset mengenai harga-harga lokal dan kurs mata uang untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih destinasi.

2. Rencanakan Perjalanan di Musim Sedang atau Rendah

Musim wisata tinggi sering kali mengakibatkan lonjakan harga untuk akomodasi, tiket pesawat, dan objek wisata. Oleh karena itu, merencanakan perjalanan Anda pada musim sedang atau rendah dapat membantu Anda menghemat uang. Selain itu, Anda juga dapat menghindari kerumunan besar sehingga dapat menikmati destinasi dengan lebih tenang dan nyaman.

3. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Saat backpacking, akomodasi mungkin hanya digunakan sebagai tempat istirahat sementara. Oleh karena itu, pilihlah akomodasi yang sederhana dan terjangkau, seperti hostel, guesthouse, atau penginapan murah. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan platform pemesanan online yang menawarkan diskon dan penawaran khusus untuk backpacker.

4. Memasak Sendiri atau Mencari Makanan Lokal

Pengeluaran terbesar selama perjalanan sering kali terkait dengan makanan. Salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan memasak sendiri makanan jika akomodasi yang Anda pilih menyediakan fasilitas dapur. Selain itu, mencari makanan lokal di warung atau pasar tradisional juga dapat menghemat pengeluaran Anda dibandingkan makan di restoran mewah.

5. Gunakan Transportasi Umum

Transportasi pribadi atau taksi sering kali lebih mahal daripada menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau angkutan kota. Selain lebih hemat biaya, menggunakan transportasi umum juga memberi Anda pengalaman lokal yang lebih mendalam. Jika memungkinkan, pertimbangkanlah untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda sebagai cara alternatif yang ramah anggaran.

6. Manfaatkan Kartu Perjalanan dan Diskon

Banyak destinasi wisata internasional menawarkan kartu perjalanan khusus yang memberikan diskon untuk objek wisata, transportasi umum, dan restoran. Selain itu, pastikan Anda mencari tahu apakah ada kartu mahasiswa atau kartu anggota backpacker internasional yang dapat memberikan potongan harga tambahan.

7. Batasi Belanja Barang Mewah

Saat berada di destinasi eksotis, godaan untuk membeli suvenir atau barang mewah seringkali sulit dihindari. Tetaplah bijak dalam berbelanja dan tetap fokus pada pengalaman daripada benda material. Jika Anda benar-benar ingin membeli suvenir, carilah opsi yang lebih terjangkau di pasar lokal atau toko kerajinan.

Dalam kesimpulan, backpacking ke destinasi internasional dapat menjadi pengalaman yang mengubah hidup tanpa harus menguras tabungan Anda. Dengan merencanakan dengan hati-hati, mengadopsi gaya hidup sederhana, dan memanfaatkan peluang diskon, Anda dapat menjelajahi dunia dengan lebih hemat tanpa mengorbankan kenikmatan. Ingatlah bahwa pengalaman dan kenangan jauh lebih berharga daripada materi, dan nikmatilah setiap momen petualangan Anda!

Untuk kamu yang ingin menambahkan followers instagram dengan cepat, mudah, aman, gratis kamu bisa menggunakan layanan Instagram followers dari kami.