influencer instagram, instagram
Published 17 October 2023 by Informatikamu Editorial

5 Tips Bekerja dengan Influencer di Instagram

Bekerja sama dengan influencer Instagram mungkin tampak menantang, tetapi jika Anda tahu triknya, prosesnya bisa menjadi lebih mudah dan efektif. Artikel ini akan membimbing Anda melalui berbagai aspek penting dalam bekerja sama dengan influencer Instagram. Mulai dari proses pemilihan influencer, penegosiasian kerja sama, hingga pengelolaan dan evaluasi kampanye. Kita akan membahasnya secara mendetail di bagian-bagian selanjutnya. 

Kenapa Bekerja dengan Influencer Instagram? 

Bekerja dengan influencer di Instagram bukan hanya tentang mendapatkan lebih banyak pengikut. Lebih dari itu, ini tentang menciptakan brand awareness, membangun hubungan dengan audiens Anda, dan akhirnya mendorong penjualan. Menurut statistik, 80% konsumen lebih cenderung membeli produk yang diperkenalkan oleh influencer mereka percayai. 

“Membangun kerja sama dengan influencer Instagram bukanlah tentang mencari cara cepat untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Tetapi, lebih ke menciptakan keterlibatan dengan audiens dan membangun merek Anda.”

Namun, memilih influencer yang tepat, menegosiasikan kesepakatan yang adil, dan memastikan bahwa isi yang mereka bagikan sesuai dengan nilai-nilai merek Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Di sinilah pentingnya tips-tips dan panduan dalam artikel ini.

Panduan Umum Bekerja dengan Influencer Instagram 

  • Memahami tujuan Anda: Sebelum memulai kerja sama, Anda harus jelas tentang tujuan Anda. Anda ingin mengenalkan produk baru? Atau meningkatkan penjualan? Tujuan Anda akan mempengaruhi jenis influencer yang harus Anda cari dan tipe kampanye yang Anda jalankan.
  • Mengetahui audiens Anda: Anda perlu memahami siapa target audiens Anda dan influencer mana yang bisa menjangkau audiens tersebut. Carilah influencer yang audiensnya mirip dengan audiens Anda.
  • Memilih influencer yang tepat: Penting untuk memilih influencer yang nilainya sejalan dengan merek Anda. Merek mereka harus mencerminkan nilai-nilai dan estetik yang sama dengan merek Anda sendiri.
  • Menjalin hubungan yang baik: Anda tidak hanya ingin membayar influencer untuk memposting tentang produk Anda. Anda juga ingin menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Hubungan yang baik akan menjadikan kerja sama Anda lebih alami dan efektif.

Ingat, setiap influencer adalah individu yang unik dengan audiens yang unik. Tidak ada pendekatan yang cocok untuk semua situasi. Oleh karena itu, perlu penyesuaian dan fleksibilitas dalam bekerja sama dengan setiap influencer.

Menemukan Influencer yang Tepat

Bagaimana Anda dapat menemukan influencer yang tepat di Instagram? Apakah namanya sempat terlintas di pikiran Anda atau Anda melihatnya ketika sedang melihat-lihat Instagram? Meski begitu, menemukan influencer bukan sekadar menemukan seseorang dengan jumlah pengikut yang banyak. Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi. 

Mempertimbangkan Relevansi Influencer 

Relevansi influencer sama pentingnya dengan jumlah pengikut mereka. Andakah ingin bekerja sama dengan influencer yang sejalan dengan jenjang Anda, produk Anda, dan target audiens Anda? Jika iya, Anda harus mencari influencer yang relevan dengan merek Anda. 

Menilai Otoritas dan Kredibilitas 

Penting untuk bekerja sama dengan influencer yang memiliki otoritas dan kredibilitas. Lihatlah jenis konten yang mereka bagikan, bagaimana mereka berinteraksi dengan pengikutnya, dan apa tanggapan pengikut mereka. Itu semua bisa menjadi indikator tentang reputasi dan kepercayaan mereka. 

Faktor Geografis 

Influencer yang berlokasi di daerah yang ingin Anda bidik mungkin akan lebih efektif dibandingkan dengan influencer yang berada jauh dari daerah tersebut. Geografi dapat mempengaruhi sejauh mana pesan Anda sampai kepada audiens yang dituju. 

Jumlah dan Keterlibatan Pengikut 

Mengetahui jumlah dan kualitas pengikut influencer sangat penting. Apakah mereka memiliki audiens yang berinteraksi atau sebaliknya? Jumlah interaksi sering menjadi indikator yang lebih baik daripada jumlah pengikut. 

Ingat, menemukan influencer Instagram yang tepat bukanlah tugas yang mudah dan bisa memakan waktu. Tapi jika Anda menginvestasikan waktu dan tenaga untuk meneliti, Anda akan menemukan influencer yang dapat membantu Anda mencapai tujuan merek Anda.

Mengenal Brand Influencer

Pada tahap ini, pemahaman yang mendalam tentang brand atau personal branding dari influencer menjadi penting. Anda mungkin bertanya, kenapa harus mengenal brand influencer? Simpel saja, Anda perlu memastikan bahwa brand influencer sejalan dengan nilai-nilai dan citra merek Anda. Sebelum mendekati influencer, ada baiknya Anda mencoba untuk memahami nilai, misi, dan visi mereka. 

Brand influencer sendiri merupakan representasi dari nilai-nilai, gaya hidup, dan sikap yang diterapkan oleh influencer tersebut dalam hidup mereka sehari-hari, serta dalam konten yang mereka bagikan di Instagram mereka. Ini bisa merujuk pada berbagai hal, mulai dari gaya berpakaian, produk yang mereka gunakan, hingga nilai-nilai dan pandangan mereka tentang dunia. 

Jadi, bagaimana cara memahami brand influencer? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan: 

  • Stalking Instagram mereka: Melihat postingan mereka, membaca caption, dan mengamati interaksi mereka dengan pengikut.
  • Baca blog atau website mereka bila ada: Banyak influencer sekarang ini memiliki blog atau website pribadi untuk berbagi ide dan pemikiran mereka.
  • Menonton video YouTube mereka: Jika mereka punya channel YouTube, tonton beberapa video mereka untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dan berbicara tentang topik yang mereka cintai.
  • Periksa kemitraan sebelumnya: Lihat merek apa yang mereka promosikan dan bagaimana respons pengikut mereka.

Ingat, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa visi dan misi influencer yang Anda pilih untuk bekerja sama berhubungan langsung dengan apa yang ingin Anda komunikasikan ke audience Anda. Apakah mereka mendorong estetika yang sama? Nilai-nilai yang sama? Gaya hidup yang sama? Apakah mereka memiliki reputasi baik dalam komunitas mereka? Semua pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk dijawab sebelum Anda menghubungi mereka dan membangun relasi. 

Maribelajar tentang brand influencer sangat penting, karena bisa mempengaruhi bagaimana komunitas atau pengikut mereka merespons postingan yang menjual produk atau layanan Anda. Andalah yang memahami bisnis Anda dan produk Anda lebih baik, jadi sangat penting untuk menemukan influencer yang memenuhi kriteria ini dan pasti akan memberi dampak positif bagi bisnis Anda.

Menghubungi dan Membangun Relasi dengan Influencer

Sekarang setelah Anda menemukan influencer yang tepat dan sudah mengenal brand mereka, saatnya Anda menghubungi dan memulai hubungan profesional bersama mereka. Namun bagaimana cara efektif untuk melakukannya? 

Pertama, Kontak melalui Media Sosial 

Anda bisa mulai dengan mengikuti akun Instagram mereka dan mengenal lebih jauh konten yang mereka buat. Memberikan likes dan komentar yang relevan pada postingan mereka adalah cara yang baik untuk menampilkan keberadaan Anda. Namun, jangan hanya memberikan like atau komentar sembarangan, Anda harus memberikan respon yang tulus dan bermakna. 

Kedua, Kirim Pesan Langsung 

Ketika Anda merasa sudah cukup familiar dengan konten mereka dan Anda berpikir bahwa mereka akan cocok dengan brand Anda, coba kirimkan pesan langsung. Saat mengirim pesan, pastikan untuk menjelaskan secara jelas siapa Anda, perusahaan Anda, dan tujuan Anda menghubungi mereka. Jadi, mereka dapat memahami motif Anda dengan baik. 

Ketiga, Fokus pada Pembangunan Relasi 

Setelah menghubungi influencer, penting untuk membangun dan merawat hubungan profesional dengan mereka. Jangan hanya berfokus pada apa yang bisa mereka berikan untuk brand Anda, tapi tunjukkan bahwa Anda juga peduli terhadap karir dan pertumbuhan mereka. Seiring waktu, semakin kuat relasi ini, semakin baik pula hasilnya. 

Keempat, Pertahankan Komunikasi 

Mempertahankan komunikasi yang baik adalah kunci utama dalam membangun relasi yang kuat. Oleh karena itu, selalu berusaha menjaga komunikasi untuk menghindari adanya kesalahpahaman. 

Ingatlah bahwa bekerja dengan influencer bukan hanya tentang promosi merek. Ini juga tentang relasi dan kerja sama yang saling menguntungkan antara Anda dan influencer tersebut. Maka, sangat penting untuk selalu menjalin komunikasi dan menjaga retensi yang baik.

Menentukan Kriteria Kerjasama

Sekarang saatnya untuk menggarisbawahi hal-hal spesifik yang Anda inginkan dari kerja sama Anda dengan seorang influencer. Tentukan kriteria kerjasama sejak awal agar tidak ada salah paham nantinya. Jadi, apa saja yang perlu dipertimbangkan? 

1. Jenis Konten yang Diharapkan 

Pada titik ini, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dari influencer. Apakah Anda ingin mereka membuat konten video, foto, atau cerita Instagram? Atau, mungkin Anda mencari konten berbasis teks, seperti ulasan produk atau layanan? Jelaslah bahwa jenis konten harus relevan dengan audiens influencer dan juga cocok dengan brand Anda. 

2. Format Kerjasama 

Anda juga perlu menentukan bagaimana Anda ingin berkolaborasi dengan influencer. Mereka seharusnya melakukan postingan berbayar, posts berbagi, atau adakah cara kerjasama lainnya yang Anda pikirkan? Bicarakan dengan influencer tentang peluang ini dan lihat apa yang bekerja dengan baik untuk mereka dan brand Anda. 

3. Frekuensi Postingan 

Seberapa sering Anda ingin influencer memposting tentang brand Anda? Ingatlah bahwa frekuensi ini juga dapat mempengaruhi biaya kerjasama. Frekuensi yang berlebihan juga dapat membuat audiens merasa terganggu, jadi coba temukan keseimbangan yang tepat. 

4. Budget 

Tentu saja, selalu ada pertimbangan biaya saat berbicara tentang kerjasama. Anda harus yakin bahwa Anda bisa mendapatkan ROI yang baik dari investasi Anda pada influencer. Oleh karena itu, diskusikan tentang anggaran dan harapan Anda pada awal kerjasama. 

Untuk berhasil dalam kerjasama dengan influencer, penting untuk menetapkan ekspektasi yang jelas sejak awal. Biasakan diri Anda untuk berpikir secara mendalam tentang kriteria ini sebelum memulai sebuah kerjasama. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kerjasama Anda dengan influencer Instagram akan berjalan lancar dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Membahas Kontrak dan Pembayaran

Setelah menentukan kriteria kerja sama, langkah berikutnya dalam bekerja dengan influencer Instagram adalah membahas kontrak dan pembayaran. Anda perlu mempertimbangkan aspek-aspek ini dengan cermat, tidak hanya untuk memastikan bahwa Anda memperoleh nilai terbaik dari investasi Anda, tetapi juga untuk menjaga hubungan yang baik dengan influencer. 

Kontrak 

Kontrak yang baik akan memastikan keduanya memahami apa yang diharapkan dan memastikan hak dan kewajiban Anda. Keluarkan waktu untuk merinci semua spesifik seperti frekuensi posting, jenis konten, hashtag yang harus digunakan, serta tenggat waktu. Ingat juga untuk mencakup klausul mengenai apa yang akan terjadi apabila terjadi pelanggaran kontrak. Anda bisa mencari bantuan dari profesi hukum jika perlu, untuk memastikan kontrak Anda kuat dan adil bagi kedua belah pihak. 

Pembayaran 

Honorarium yang Anda tawarkan kepada influencer harus adil dan merefleksikan waktu, upaya, dan tercapainya target yang diharapkan. Perlu diingat bahwa ini bisa berupa fee tetap, bayaran per post, atau bahkan barter produk. Pastikan penentuan biaya ini tercantum dalam kontrak dan disetujui oleh kedua belah pihak. Diskusikan juga soal kapan dan bagaimana pembayaran akan dilakukan. Apakah akan dibayar di muka, berdasarkan deliverables, atau pembayaran berangsur-angsur? Mengatur ekspektasi ini dari awal sangat penting.

Seiring dengan perkembangan dunia digital, semakin banyak brand yang melihat nilai dalam berkolaborasi dengan influencer. Namun, seperti dalam setiap kerjasama bisnis, penting untuk memahami nilai Anda dan apa yang diharapkan dari masing-masing pihak. Dengan pengetahuan yang Anda miliki sekarang, Anda telah siap untuk memulai kerjasama yang efektif dengan influencer di Instagram.