4 Cara Mengamankan Akun Instagram Kamu Agar Tidak Kena Hack

2021-05-14 15:36:43 - Blog 4 Cara Mengamankan Akun Instagram Kamu Agar Tidak Kena Hack

Merasa takut akun IG terkena hack merupakan hal wajar yang kamu rasakan, untuk itu silahkan simak artikel cara mengamankan akun Instagram kamu ini hingga selesai agar akunmu tidak dibobol hacker.

Instagram memiliki tingkat kepopuleran yang cukup tinggi di antara media sosial lain, jadi tidak heran jika Instagram menjadi salah satu incaran para hacker di luar sana.

Apalagi banyak sekali public figure, artis, tokoh penting, hingga para pemimpin negara yang memiliki akun Instagram.

Agar akun Instagram kamu aman dari hacker, berikut beberapa cara mengamankan akun Instagram dari hacker. Sinak artikel ini hingga akhir untuk membuat akun Instagram kamu aman.

1. Buat Password yang Kuat

Dari sekian banyaknya kasus pembobolan akun, termasuk akun Instagram, hal yang paling sering terjadi adalah karena lemahnya kata sandi yang digunakan.

Jadi agar bisa terhindar dari hack akun Instagram, kamu harus membuat password yang kuat dan sulit ditebak.

Ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari saat membuat password IG, diantaranya yaitu:

  • Menggunakan nama kamu.
  • Menggunakan tanggal lahir kamu.
  • Menggunakan tanggal penting, seperti tanggal pernikahan
  • Menggunakan nama pasangan

Jika kamu membuat password seperti di atas, itu akan sangat mudah untuk ditebak oleh para pembobol akun Instagram. Jadi sebaiknya hindari dan buat password yang lebih kuat.

Untuk membuat password yang sangat kuat dan sulit untuk ditebak, kamu bisa menggunakan tools pembuat password otomatis.

Namun biasanya password tersebut akan sangat sulit untuk dihafalkan dan diingat, jadi kamu bisa menyimpan password tersebut pada pengelola kata sandi akun Google kamu.

2. Hidupkan Otentikasi Dua Faktor

Cara mengamankan akun IG selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur two factor authentications.

Two Factor Authentications merupakan lapisan keamanan tambahan yang bisa kamu gunakan untuk terhindar dari para peretas.

Lalu bagaimana cara kerja dari fitur keamanan IG ini?

Cara kerja dari fitur otentikasi dua faktor yaitu dengan menerapkan proses multi langkah yang mengharuskan kamu untuk melakukan verifikasi identitas melalui kode keamanan yang dikirimkan saat melakukan login.

Jadi, jika ada aktifitas login terjadi, maka Instagram akan mengirimkan sebuah kode melalui SMS atau cara lain yang kamu pilih, kode tersebut berguna untuk melanjutkan proses login.

Dengan begitu, jika ada orang lain yang berusaha masuk ke akun kamu dan dia tidak memiliki akses kode tersebut, maka akun kamu akan aman dan proses login tidak akan terjadi.

Untuk mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor silahkan buka menu Settings > Two Factor Authentication. Setelah itu silahkan hidupkan fitur tersebut.

cara mengamankan akun instagram

3. Pastikan Email Kamu Aman

Cara mengamankan akun Instagram dari peretas yang ketiga yaitu dengan memastikan email yang kamu gunakan aman.

Semua akun media sosial termasuk Instagram biasanya akan ditautkan dengan email.

Jadi coba pikirkan, jika seseorang mengetahui akses email kamu, dapat dipastikan semua akun media sosial kau juga akan bisa diakses.

Jadi kamu harus benar-benar memastikan bahwa akun email yang kamu gunakan untuk menautkan akun Instagram tersebut benar-benar aman.

Untuk membuat email kamu lebih aman, kamu bisa mengganti password email setidaknya 3 bulan sekali dengan kombinasi password yang kuat.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan email tersebut, apalagi jika email tersebut sering kamu gunakan untuk mendaftar akun di aplikasi atau situs tertentu.

4. Cabut Izin Akses Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Mungkin kamu pernah menggunakan akun Instagram atau email yang ditautkan pada Instagram tersebut untuk mendaftar dan masuk ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan seperti aplikasi kencan, game, dan lainnya.

Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua aplikasi tersebut aman? Karena bisa jadi, aplikasi tersebut bisa melihat database yang ada pada akun kamu.

Dengan begitu akun kamu akan sangat rawan terkena hack.

Selain itu, meskipun kamu sudah tidak pernah mengakses aplikasi pihak ketiga tersebut selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun, aplikasi tersebut akan tetap memiliki akses ke database akun yang kamu gunakan.

Untuk mengelola aplikasi pihak ketiga, buka profil Instagram kamu melalui komputer, lalu pilih opsi Settings, dan pilih opsi Apps & Website.

Pada halaman tersebut, kamu akan menemukan daftar aplikasi pihak ketiga yang memiliki izin akses ke akun Instagram kamu.

Untuk menghapus izin aplikasi tersebut, silahkan klik opsi Revoke akses atau View and edit.

Sekian pembahasan dari artikel Inilah cara mengamankan akun instagram kamu dari haters.

Jika kamu benar-benar ingin menggunakan tools atau aplikasi ketiga yang bisa membantu untuk meningkatkan akun Instagram kamu, kamu bisa menggunakan tools dari https://ig.informatikamu.id/.

Tools tersebut memiliki berbagai fitur seperti auto follow, auto likes, dan lain sebagainya, pastinya aman untuk kamu gunakan.

Thank You For Reading!

Informatikamu

Content Writer.
Join our telegram channel t.me/informatikamu

Tags: Inilah Cara Mengamankan Akun Instagram Kamu, cara mengamankan akun instagram dari hacker, cara mengamankan akun IG, cara mengamankan akun Instagram dari peretas, mengamankan akun Instagram

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan Followers Gratis Secara Organik
Cara Mendapatkan Followers Gratis Secara Organik

Tidak bisa dipungkiri, instagram ialah salah satu sosial media yang tumbuh pesat. Mulai selaku media

Selengkapnya
Tips dan Cara menggunakan Instagram Ads
Tips dan Cara menggunakan Instagram Ads

Memasarkan produk bisnis online di dalam media aplikasi Instagram kini sudah menjadi hal biasa. Segala

Selengkapnya
Tutorial: Mengatasi Tidak Bisa Daftar Akun Instagram
Tutorial: Mengatasi Tidak Bisa Daftar Akun Instagram

Jika kamu mencoba membuat akun Instagram baru di HP atau laptop, Kamu mungkin menerima error yang mencegah

Selengkapnya
Cara Memperbanyak Views Di Instagram dengan Mudah
Cara Memperbanyak Views Di Instagram dengan Mudah

Banyak orang penasaran mengenai cara memperbanyak views di Instagram walau sebenarnya mudah dilakukan.

Selengkapnya

You have to know this before you ask.

21 days ago Halo, untuk fitur IGTV Like saat ini masih dalam perbaikan. Tunggu info selanjutnya ya. Untuk fitur Post Like & Reels Like normal kok.

42 days ago Jika ingin menggunakan semua layanan web, mohon login menggunakan akun fake instagram kamu. Jika terlanjur login menggunakan akun asli mohon ganti passwordnya segera.

50 days ago Diwajibkan untuk menggunakan akun tumbal jika ingin login ke dalam website dan usahakan rawat akun tumbal kamu.